Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran

21
Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa vaksin covid-19 dosis lanjutan atau booster akan dijadikan sebagai syarat perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah atau 2022 masehi. Masyarakat pun diminta untuk segera melengkapi vaksinasi.

Setelah pada tahun lalu larangan mudik tidak diizinkan, di tahun ini pemerintah akhirnya memberikan isyarat memperbolehkan diadakannya mudik. Meski begitu, ada berbagai persyaratan yang telah disiapkan pemerintah untuk menyambut mudik lebaran di tengah situasi pandemi.

Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran

Salah satunya mengenai vaksin booster yang disiapkan pemerintah sebagai syarat perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Diungkap oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin bahwa nantikan perjalanan domestik atau mudik tidak akan hasil pemeriksaan covid-19 seperti PCR atau antigen.

“Dan kemudian juga booster. Bahkan nanti booster kita jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Sehingga tak perlu lagi ada semacam di tes PCR atau di Antigen,” kata Ma’ruf di Bandung dalam rekaman suara yang diterbitkan Setwapres, Senin (22/3).

Ma’ruf Amin pun berharap kepada masyarakat Indonesia untuk melengkapi vaksin dosis kedua dan ketiga. Menurutnya vaksinasi lengkap sangat penting sebagai upaya untuk menciptakan antibodi yang tinggi terhadap Covid-19.

Untuk ibadah yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah telah mengizinkan dilaksanakan di tempat ibadah masjid. Namun, pelaksanaan ibadah harus tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker serta mencuci tangan.

“Maka tempat ibadah pun sudah mulai diberikan kelonggaran dan sudah ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia untuk bisa menyelenggarakan ibadah seperti biasa,” ujar Ma’ruf Amin.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it