Waspada, Kematian Karena Kecelakaan di Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia

21
Waspada, Kematian Karena Kecelakaan di Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia

Risiko kecelakaan di jalan raya memang menjadi momok menakutkan bagi setiap pengendara, khususnya ketika melintasi Tol Cipali yang mempunyai catatan buruk.

Baru-baru ini, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub melaporkan bahwa ruas Jalan Tol Cipali memiliki angka kecelakaan lalu lintas dengan fatalitas tertinggi di dunia. Hendro Sugiatno selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan rata-rata ada satu korban jiwa per kilometer di Tol Cipali.

Waspada, Kematian Karena Kecelakaan di Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia

“Kecelakaan di jalan tol itu terus meningkat. Jalan tol Cipali adalah jalan tol yang nomor satu di dunia itu menjadi jalan tol yang fatalitas kecelakaannya paling tinggi, itu perhitungan-hitungannya 1 km berapa korban itu, ada hitung-hitungannya,” ungkap Hendro mengutip detik.com.

Hendro menerangkan angka kecelakaan itu erat hubungannya dengan peningkatan jumlah kendaraan. Sementara itu tingkat fatalitas di jalan tol memiliki rasio 0,30 per km.

Angka ini lebih besar dari jalan daerah maupun jalan nasional yang masing-masing memiliki tingkat kepadatan fatalitas 0,15 per km dan 0,22 per km.

“Perkembangan jalan tol itu harus kita sikapi dengan konsistensi dan ketaatan pada aturan bagaimana kendaraan-kendaraan yang melalui jalan tol itu harus bisa aman dan selamat, bagaimana jalan-jalan arteri di luar jalan tol harus kita manage dengan baik sehingga pembangunan infrastruktur ada manfaatnya dan dukungan nyata dengan meminimalkan angka kecelakaan,” tambah Hendro.

Waspada, Kematian Karena Kecelakaan di Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia

Lebih lanjut, kasus kematian akibat kecelakaan lalu lintas di jalan bebas hambatan yang menghubungkan Cikopo dan Palimanan ini terus terjadi. Terbaru yaitu kasus kecelakaan Kepala BKD Jawa Barat yang menjadi korban tewas pada 25 November 2022 di Tol Cipali KM 119.600. Kemudian ada lagi kecelakaan maut juga terjadi di Cipali hingga membuat sebuah minibus ringsek.

Baca Juga: Catatan Negara Asia di Piala Dunia 2022 Qatar, Cetak Sejarah Baru!

Tetap waspada ketika melintasi jalan tol khususnya Tol Cipali Brava Listeners, selalu patuhi rambu lalu lintas dan utamakan safety driving guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Stay safe!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it