Whitney Houston – I Have Nothing [1993]

35
Whitney Houston - I Have Nothing [1993]

“I Have Nothing” adalah lagu penyanyi dan aktris Amerika Whitney Houston, dirilis pada 20 Februari 1993 sebagai single ketiga dari The Bodyguard: Original Soundtrack Album (1992) oleh Arista Records. Lagu itu ditulis oleh David Foster dan Linda Thompson, dan diproduksi oleh Foster.

Setelah kesuksesan berturut-turut dari “I Will Always Love You” dan “I’m Every Woman” dari Houston, “I Have Nothing” menjadi hit lainnya, memuncak di nomor empat di Billboard Hot 100 dan disertifikasi Platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika. Lagu ini juga menjadi hit di tangga lagu Billboard Hot R&B Singles, dengan puncak nomor empat, dan puncak nomor satu di tangga lagu Billboard Adult Contemporary.

Whitney Houston

Houston membuat tonggak bersejarah lainnya dalam sejarah tangga lagu Billboard dengan dua single sebelumnya dari soundtrack dan lagu ini, menjadi artis pertama yang memiliki tiga lagu di dalam 11 besar tangga lagu Hot 100 di minggu yang sama sejak tangga lagu mulai menggunakan Broadcast Data System dan data SoundScan pada tahun 1991.

Secara internasional, lagu tersebut mencapai nomor satu di Kanada, lima besar di Irlandia dan Inggris Raya, sepuluh besar di Denmark dan Portugal, dan memuncak dalam empat puluh teratas di Australia, Jerman, Belanda, Selandia Baru, dan Swiss. Lagu tersebut meraih berbagai nominasi, termasuk Academy Award untuk Lagu Asli Terbaik, Penghargaan Grammy untuk Lagu Terbaik yang Ditulis untuk Media Visual, dan Penghargaan Musik Soul Train untuk Single R&B Terbaik (Wanita).

Lagu tersebut dipromosikan oleh Houston dengan pertunjukan langsung di tur konsernya di seluruh dunia, Tur Dunia Pengawal Dunia (1993–94) saja, dan juga di berbagai upacara penghargaan dan konser seperti Penghargaan Musik Billboard ke-4 pada tahun 1993, Penghargaan Musik Amerika ke-21 pada 1994, Whitney: The Concert for a New South Africa pada 1994, dan BET Awards ke-1 pada 2001. “I Have Nothing” juga tampil di kompilasi seperti Whitney: The Greatest Hits (2000) dan Whitney Houston Live: Her Greatest Performances (2014 ).

Baca juga : Chicago – If You Leave Me Now

Seperti kebanyakan materi Houston, lagu tersebut telah menjadi pilihan yang sangat populer di banyak serial televisi realitas di seluruh dunia, khususnya American Idol, yang menjadi salah satu lagu yang paling banyak dibawakan dalam sejarah pertunjukan; pada 2014, telah diliput delapan kali. “I Have Nothing” juga ditampilkan di paruh kedua trailer, untuk film dokumenter yang disetujui perkebunan tentang kehidupan Houston, Whitney.

Share it