Wisata sejarah ke Replika Istana Yuan Ming Yuan

583
Replika Istana Yuan Ming Yuan
Replika Istana Yuan Ming Yuan

Replika Istana Yuan Ming Yuan, China resmi dibuka. Jika Anda adalah pecinta sejarah, tempat wisata ini tak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi, Brava Listeners.

Meski hanya sebuah replika, grup bisnis Hengdian Studio berupaya keras membuat bangunan tersebut mirip dengan Istana Yuan Ming Yuan atau Old Summer Palace yang asli.

Replika istana ini berada di lahan seluas 400 hektar, di wilayah timur Provinsi Zhejiang, dan masih termasuk dalam komplek studio film milik Hengdian.

Pembangunan replika istana ini masih terus berlanjut, diperkirakan baru selesai total pada 2016 dan telah memakan biaya mencapai USD 5 miliar atau sekitar Rp. 65 triliun.

Dengan membayar tiket masuk sebesar USD 57, Anda bisa menikmati suasana seperti saat Dinasti Qing berkuasa ratusan tahun lalu lengkap dengan air terjun, jembatan, kuil, dan patung-patung di aera tersebut.

Kondisi ini jauh berbeda dengan Istana Yuan Ming Yuang asli yang lokasinya hanya 8 kilometer dari Kota Beijing. Istana asli kini hanya berupa reruntuhan setelah diserbu pasukan gabungan Inggris dan Prancis, 155 tahun lalu.

Tujuan Hengdian membuat replika ini adalah untuk mengedukasi pengunjung mengenai sejarah China.

Meski sekarang hanya berupa reruntuhan, Istana Yuan Ming Yuan memang tak bisa dilepaskan dari sejarah Tiongkok. Istana tersebut didirikan pada abad ke-18 hingga awal abad ke-19. Istana ini merupakan tempat tinggal kaisar Dinasti Qing sekaligus pusat pemerintahan saat itu.

Terbentang di atas lahan seluas 348 hektar, dulunya istana tersebut dianggap sebagaiĀ  permata kekaisaran China, simbol kemakmuran dan taman kerajaan selama lebih dari 500 tahun.

Istana lama memiliki aneka kolam dan danau, aula, menara, pagoda, paviliun, taman, dan galeri lengkap dengan benda-benda antik dan karya seni yang tak ternilai harganya.

Saat ini masih diperdebatkan mengenai siapa yang berhak untuk merestorasi Istana Yuan Ming Yuan atau Old Summer Palace yang asli. Sementara menunggu terwujudnya restorasi, tak ada salahnya menikmati replikanya terlebih dahulu.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[Sumber: Ghiboo.com| foto Abc.net.au]

Baca juga:
Maverick, Semi casual fine dining steak house
Arsene Wenger sudah menetapkan opsi jika keluar dari Arsenal
Ini dia, minuman pilihan saat musim penghujan

Share it