6 Kastil megah terangker di dunia

21

Tanpa terasa, penghujung Oktober sudah di penghujung tanduk. Selain pertanda dari pergantian musim gugur ke musim dingin bagi beberapa negara, ada hal lain yang menjadi keistimewaannya. Malamnya para hantu berkeliaran akan segera tiba!

Halloween. Memang tidak semeriah di belahan dunia lain, namun sebagian besar dari kita masih ikut merayakannya. Tidak harus menghabiskan malam di klub dan kemudian hangover keesokan paginya akibat kebanyakan alkohol. Banyak cara lain yang lebih bermakna.

Salah satunya dengan traveling. Jika umumnya tujuan berlibur adalah keindahan alam atau menikmati fasilitas mewah yang ditawarkan sebuah resort bintang lima. Kali ini, Bazaar menguji nyali Anda untuk melakukan suatu hal yang berbeda.

Mengunjungi 6 kastil ini, sensasi baru berlibur pun akan didapatkan. Bukan hanya karena kemegahannya, namun kisah horor di baliknya. Setiap tempat menyimpan versi cerita horor masing-masing. Mana yang paling seram? Simak lebih lanjut.

1. Edinburgh Castle, Skotlandia 

Telah dibangun berabad-abad lamanya, tidak heran banyak rumor beredar mengenai kastil Edinburgh. Bertempat di Skotlandia, kastil ini didirikan di awal abad ke 12 dan dihuni oleh bangsawan Alexander Stewart dari Albani. Ternyata tidak hanya berdarah biru, namun ia juga berdarah dingin.

Alkisah, ia beberapa kali membunuh para pengawalnya dan kemudian membakar tubuh mereka. Hingga saat ini, kastil yang dulunya merupakan markas kemiliteran tersebut sering menjadi tempat investigasi tim paranormal.

Saat Anda berkunjung, jangan terkejut apabila melihat sekelebat bayangan hitam lewat atau suhu udara tiba-tiba menurun drastis. Karena hal tersebut biasa dialami oleh sejumlah turis.

2. Castle Fraser, Skotlandia

Masih belum berpindah tempat. Mari menuju bagian Timur dari Skotlandia. Dimana terdapat sebuah kastil cantik bak di negeri dongeng. Kemegahan arsitektur, lansekap taman indah, tetapi tunggu dulu. Lokasi pembunuhan?

Demikian legenda yang beredar di antara para penduduk setempat. Konon, Castle Fraser yang dulunya dihuni oleh seorang puteri kerajaan ternyata adalah lokasi terjadinya tragedi pembunuhan penghuninya sendiri.

Tidak seperti kisah ‘The Sleeping Beauty’ keluaran Disney. Bukan dikecup seorang pangeran tampan, puteri ini justru dibunuh saat sedang tertidur. Beberapa saksi berujar sering mendengar suara teriakan seorang wanita saat berkunjung. Yang dipercaya merupakan arwah dari sang puteri.

3. Burg Eltz Castle, Jerman

Puas menjelajahi Skotlandia, mari menuju ke Jerman. Sedikit mengenang masa lalu. Tepatnya pada tahun 1157, dimana kastil Burg Eltz masih dihuni oleh Countess Agnes. Tidak kalah tragis dengan nasib sang puteri sebelumnya, bangsawan wanita ini juga meninggal di kediamannya sendiri.

Penyebabnya masih misteri. Namun, jika Anda berjiwa detektif seperti Sherlock Holmes atau tokoh detektif Conan kreasi Jepang, tempat ini wajib dituju. Anda dapat menelusuri jejak bukti di kamar tidur Countess Agnes yang kondisinya masih dipertahankan persis seperti zaman dahulu.

4. Himeji Castle, Jepang

Puas bermain menjadi detektif Conan di kastil sebelumnya. Saatnya menuju negara diciptakannya komik ternama tersebut. Kali ini, giliran Jepang. Sebenarnya bukan hanya kastil. Lepas dari indahnya bunga sakura di musim semi, Jepang menyimpan banyak misteri.

Tidak membahas tingginya angka bunuh diri para penduduknya. Namun, lebih mengenai angkernya kuil Himeji. Selain arsitekturnya yang bersejarah, bangunan yang didirikan di tahun 1333 ini ternyata menyimpan kisah horor mengenai Okiku.

Kabarnya, karakter wanita ini dulunya adalah seorang pelayan dituduh mencuri barang berharga milik dinasti kerajaan. Tragis. Ia pun kemudian dihukum mati dan tubuhnya dilemparkan ke dalam sumur di kuil. Tampaknya memang bukan Okiku pelakunya. Karena hingga saat ini, arwahnya seolah masih mencari keadilan melalui penampakan sosoknya yang sering dilihat para turis.

5. Voergaard Castle, Denmark

Banyak yang beujar, sekadar melewati kastil Voergaard di Denmark pun bulu kuduk sudah terasa merinding. Terletak di kota Dronninglund, kastil ini terkenal akan sejumlah karya seniman legendaris yang dimilikinya. Keindahan gubahan seni karya seniman legendaris Raphael, Goya hingga El Greco dapat dinikmati para turis yang berkunjung.

Namun di balik kayanya seni, ada alasan mengapa Voegaard dijuluki sebagai salah satu kastil terangker di dunia. Legenda berkisah arogannya Ingeborg Skeel, pemilik kastil terdahulu yang membunuh arsiteknya sendiri. Konyol, namun alasannya adalah agar sang arsitek tidak dapat membangun kastil lain seindah miliknya.

Para pengunjung pun sering mengalami pengalaman tidak masuk akal di kastil ini. Entah itu penampakan bayangan hingga suara aneh di sekitar. Selain itu, ruang tahanan di kastil ini juga sering dikatakan sebagai tempat terangker di kastil Voergaard.

 

6. Leap castle, Irlandia

Berbeda dengan sejumlah kastil sebelumnya, Leap Castle di Irlandia merupakan hunian pribadi dari Sean Ryan.

Walaupun berkonsep hunian, kastil juga ini dibuka bagi publik. Tidak hanya para turis yang berkunjung. Tinggal bersama istrinya, pasangan tua penghuninya pun kerap mengalami pengalaman mistis.

Mulai dari suara langkah kaki malam hari, hingga pintu yang tertutup secara tiba-tiba. Belum lagi sekelebat bayangan wanita berjubah putih yang sering dilihat Sean dan isterinya. Kalau itu kita, tentu rasanya ingin cepat-cepat pindah rumah.

(Foto:  Zacarias Pereira Da Mata©123rf.com, Instagram @edinburghcastle, @castlefrasernts, @burg_eltz, @jpdestinations, @ole_sejfert, @ancientdestinations)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it