Karya Seni di Tengah Hutan Kota, Art Jakarta Gardens Resmi Dibuka!

39

Art Jakarta Gardens resmi dibuka sebagai perayaan seni kontemporer yang unik di tengah hijau dan suburnya Hutan Kota by Plataran. Jakarta. Art Jakarta Garden dimulai pada 23 hingga 28 April 2024. Acara ini akan menghadirkan 23 galeri terkemuka, selain 30 patung luar ruangan yg memikat. Art Jakarta Gardens akan memberikan pengalaman yang memukau bagi pengunjungnya yang pecinta seni maupun alam.

Di edisi ketiganya, pemangku kepentingan dari bidang seni dan kreatif mendukung pekan raya ini, yang terus menumbuhkan semangat kerja sama. Art Jakarta Gardens resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilman Farid. “Art Jakarta Gardens merupakan manifestasi dari sinergi antara alam dan ekspresi seni, yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan dan memahami seni dalam konteks yang lebih luas dan terbuka. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan seniman dan penggemar seni, tetapi juga menjadi platform bagi kita semua untuk mengapresiasi nilai-nilai estetika dalam suasana yang menggabungkan keindahan alam kota Jakarta dengan inovasi seni kontemporer. Kami berharap Art Jakarta Gardens dapat terus berkontribusi pada pengembangan budaya dan peningkatan apresiasi seni di Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mohammad Amin juga turut hadir dalam kegiatan ini. Amin juga berkata bahwa ia sangat bangga atas keberhasilan Art Jakarta Gardens yang mampu bertumbuh di tengah pandemi hingga menjadi ajang besar yang ikonik. Melihat dari kesuksesan pada tahun lalu, Amin berharap bahwa tahun ini Art Jakarta Gardens tetap dapat memberikan sumbangan terhadap penguatan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia terutama sektor seni rupa.

Saat ini, Art Jakarta Gardens bersemi menjadi ajang seni tahunan yang dirayakan berkat dukungan dan antusiasme besar dari kancah seni rupa. Menurut Maulana Indraguna Sutowo, Art Jakarta Gardens yang merupakan bagian dari MRA Group, bisa menjadi ruang ekspresi dan kreativitas seniman, sekaligus memberi kesempatan agar karya seni dapat diapresiasi masyarakat luas. Ia juga berharap bahwa Art Jakarta Gardens bisa terus berkembang dan terus berperan dalam memajukan ekosistem seni rupa Indonesia.

Karya Seni di Tengah Hutan Kota, Art Jakarta Gardens Resmi Dibuka!

Art Jakarta Gardens menjanjikan kehadiran yang lebih ramah tahun ini karena perhatian publik terhadap pendekatan menariknya untuk menyajikan seni. Pekan seni ini menampilkan karya patung dari seniman lintas generasi, termasuk maestro patung Indonesia G. Sidharta, seniman terkenal Nyoman Nuarta, Asmudjo J. Irianto, dan Joko Avianto, serta seniman muda seperti Arkiv Vilmansa, Dian Hardiansyah, dan Gabriel Aries. Sculpture Garden adalah program unggulan pekan seni ini.

Dua Mitra Utama telah bergabung untuk mewujudkan Art Jakarta Gardens: Bibit, aplikasi investasi digital yang telah mendapat pengakuan luas dengan misinya untuk meningkatkan literasi finansial seluruh lapisan masyarakat, dan Treasury, aplikasi digital Indonesia pertama yang mendapatkan lisensi untuk perdagangan emas secara fisik.

Art Jakarta Gardens dibuka pada 23 April 2024 untuk pengunjung VIP dan untuk masyarakat umum dibuka pada Rabu lalu, 24 April 2024. 

Dengan dukungan dari beberapa pihak, Art Jakarta Gardens dengan bangga menyajikan kolaborasi mengagumkan dari para Mitra dan Seniman tahun ini dalam Special Presentations.