5 Fakta menakjubkan dari General Motors

5

General Motors adalah legenda di dunia otomotif. Merek asal Amerika Serikat ini bahkan menjadi patron bagi tumbuh dan berkembangnya beragam merek otomotif yang kita kenal saat ini. Corvette, Chevrolet Volt, Cadillac Limousine yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat, Chevrolet Camaro, dan Chevrolet Captiva, hingga Chevrolet Trax adalah bagian dari keluarga besar General Motors.

Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia yang kini sudah berusia lebih dari 100 tahun, GM memiliki kontribusi yang luar biasa tidak hanya terhadap perkembangan otomotif dunia, namun juga perkembangan kereta api hingga teknologi luar angkasa. Inilah lima hal dari General Motors yang saya yakin belum Anda ketahui.

1- GM pionir kredit mobil

Tahun 1919 GM mendirikan ranting pembiayaan di bawah GMAC (General Motors Acceptance Corporation), yang membuat skema pembayaran bulanan bagi konsumen yang ingin membeli mobil General Motors. Terobosan ini membuka pasar yang lebih besar bagi GM, dan rival-rival mereka (kecuali Ford).

2- GM merevolusi dunia kereta api
Tidak hanya berkarya di dunia otomotif, GM juga melebarkan teknologinya ke banyak moda transportasi. Salah satunya dengan meluncurkan mesin diesel dua langkah (two-stroke) tahun 1930. Mesin ini kemudian digunakan oleh Burlington Railroad untuk mesin lokomotif Burlington Zephyr.

Mesin diesel lansiran GM itu juga berhasil membuat Zephyr berlari hingga 179,2 km/jam, dan berhasil membukukan rekor dengan memangkas waktu tempuh dari Denver menuju Chicago menjadi setengahnya. Keberhasilan mesin ini sekaligus memupus penggunaan lokomotif uap di Amerika Serikat.

3- GM membantu operasi bedah jantung
Hal lain yang tidak Anda ketahui adalah kontribusi GM terhadap dunia medis. Ketika dr. Forest Dodrill, seorang ahli bedah dari Detroit harus melakukan pembedahan jantung, dia harus mencari sesuatu yang dapat menggantikan fungsi jantung (untuk memompa darah). Dia kemudian meminta bantuan kepada para ilmuwan di laboratorium riset GM yang terletak tidak jauh dari tempatnya bekerja.

Kerjasama tersebut, ditambah bantuan dari American Heart Organisation, menghasilkan pompa jantung mekanis pertama di dunia yang dinamai Dodrill-GMR Mechanical Heart, yang entah disengaja atau tidak, bentuknya mirip dengan mesin 12 silinder yang skalanya diperkecil.  Jantung buatan itu dikembangkan pada tahun 1952, dan langsung sukses saat digunakan pertama kali pada operasi bedah jantung.

4- GM menciptakan fuel cell vehicle
Salah satu karya GM yang kini banyak digunakan adalah penggunaan fuel cell hydrogen. Tahun 1996, Electrovan adalah nama kendaraan pertama ciptaan GM yang digerakkan oleh fuel cell hydrogen. Sayangnya, proyek ini kemudian dihentikan karena masih tingginya biaya rekayasa mobil hydrogen, dan belum adanya infrastruktur pendukung bahan bakar hidrogen. Turunan modern dari Electrovan termasuk Honda FCX Clarity dan Pininfarina Sintesi concept car.

5- GM manufaktur pertama di bulan
Hal terakhir yang tidak Anda ketahui tentang GM adalah keberhasilannya membawa manusia ke bulan. Keterlibatan GM dalam program luar angkasa NASA dimulai pada awal tahun 1960. Saat itu, divisi busi AC (bagian dari GM) menjadi satu dari lima perusahaan yang ditugaskan oleh NASA untuk membangun sistem navigasi bagi program luar angkasa Apollo (perjalanan Apollo XI ke bulan). GM juga berkontribusi pada program Apollo XV, dengan merancang sistem mobilitas untuk para astronot di bulan yang dinamakan Lunar Roving Vehicle.

FOTO: GM

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Merendam diri dalam keistimewaan Utah, Amerika
Bukan Ferrari atau Lamborghini, ini mobil favorit vokalis Linkin Park
Kenali tanda-tanda stroke sejak dini

SHARE