Beragam Makanan Sehat Kaya Gizi

159
Makanan sehat

Makanan sehatPerubahan cuaca yang ekstrim di Indonesia membuat banyak warga Indonesia jatuh sakit. Mulai dari flu sampai dengan demam yang membuat kepala pusing. Berbagai cara dan vitamin pun sudah dilakukan untuk mencegah antibodi dalam tubuh tumbang.

Karena itu asupan gizi dalam tubuh perlu diatur. Coba beberapa resep enak nan mudah yang bisa dicoba di rumah. Weekend yang sepi karena hujan pun bisa diisi dengan memasak makanan sehat.

Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan sehat dan tidak menguras kantong dan mudah untuk didapatkan. Tahukah kalau sarapan itu penting? Selain untuk mengisi perut yang kosong dengan jangka waktu yang lama, Oatmeal bisa dijadikan salah satu alternatif untuk pagi hari yang super sibuk.

Oatmeal dapat menjaga level kolesterol di angka rendah. Untuk memasak oatmeal sungguh mudah, dapat dimasak melalui kompor atau dengan memasukkannya ke dalam microwave. Jangan lupa tambahkan sayur seperti irisan wortel dan ayam cincang untuk menambah rasa.

Salad
Siapa bilang sayur hijau hanya untuk kelinci? Sayuran hijau merupakan salah satu makanan penting yang harus masuk ke dalam tubuh. Selain mengandung banyak vitamin alami, sayur juga mengandung banyak air yang dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh.

Kalau Brava Listeners bosan dengan sayuran seperti selada yang biasa ditemui dalam salad umumnya, Anda dapat membuat salad dengan pilihan sayur seperti kailan. Lalu tambahkan dengan taburan almond yang dicincang serta parutan keju yang dapat menambah selera makan Anda tanpa takut gendut. Jangan lupa untuk menggunakan olive oil sebagai pengganti minyak sayur.

Dark Chocolate
Bagi para wanita yang sangat senang makan cokelat tapi takut berat badan bertambah, kini tidak usah khawatir. Gunakan dark chocolate sebagai pengganti cokelat biasa. Atau bisa mencoba membuat chocolate mousse sebagai kudapan.

Almond milk juga dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan susu biasa yang kaya akan lemak. Tofu juga bisa digunakan sebagai campuran. Selain rendah lemak, dessert ini bisa dijadikan untuk menghadiahi diri sendiri.

Wortel Panggang
Pasti sedikit aneh mendengar sebuah sayuran yang di panggang. Tapi, jangan salah lho! Sayuran ini dapat dijadikan alternatif bila Anda sedang menginginkan cemilan instan berupa kripik kentang yang dijual di pasar swalayan yang mengandung banyak bahan kimia dan pengawet.

Salah satu contoh di sini adalah wortel. Wortel yang diparut tipis dan dibumbui dengan sedikit garam lalu di panggang dalam oven selama 10 menit akan terasa garing layaknya keripik kentang. Selain sehat, kudapan ini dapat juga dijadikan sebagai cara agar anak-anak mau makan sayur. Bila Anda ingin membuat sausnya, gunakan yoghurt dan sedikit madu agar terasa manis dan asam dalam satu gigitan.

Super Smoothie
Jus sayuran merupakan salah satu minuman sehat yang sangat mudah dibuat. Walaupun sekarang sedang marak dengan infused water, jus yang terdiri dari beberapa sayuran ini dapat dibuat di rumah bila Anda malas untuk memasak. Agar smoothie ini terasa manis, tambahkan buah yang memiliki rasa manis dan asam untuk mengimbangi rasa sayur yang sedikit pahit.

Selai Alpukat
Siapa sih yang tidak suka dengan alpukat? Bagi anda yang sibuk pastinya akan sulit membuka alpukat. Alpukat dapat dijadikan selai yang dapat dioleskan di atas roti gandum untuk sarapan. Saat roti yang dipanggang masih terasa panas, oleskan alpukat yang telah dihancurkan ke atas roti tersebut. Selain mudah, pagi Anda akan terasa lebih menyenangkan. « [teks @chrissjee | foto taste.com]

Sumber: ghiboo.com

Share it