Inilah enam sirkuit maut dunia

12

Banyak hal menegangkan bisa terjadi di arena balap – juara dunia baru, rekor lap tercepat, dan bahkan kecelakaan fatal yang mengakibatkan kematian.

Setiap sirkuit punya ceritanya sendiri – kebanggaan suatu negara, favorit pembalap, atau tikungan yang ditakuti. Kami merangkum enam sirkuit yang memiliki tikungan-tikungan maut dan segudang cerita menegangkan dalam sejarahnya.

Laguna Seca

Saking legendarisnya, sirkuit sepanjang 3,6kmyang dibangun tahun 1957 ini bahkan dijadikan nama salah satu seri muscle cardari Amerika. Tidak hanya MotoGP, di sini juga digelar seri balap Superbike World Championship dan AMA Championship.

Laguna Seca terletak di Monterey, California, memiliki tikungan legendaris Corkscrew Corner yang terkenal dengan turunan menikung berbentuk spiral.

Sedemikian sulitnya tikungan ini sampai-sampai kamera televisi pun kesulitan untuk merekam kendaraan yang melintas.

Sirkuit ini juga memiliki tikungan Andretti Hairpin, membentuk huruf U, yang juga merupakan salah satu tikungan yang paling sulit dilalui.

Philip Island

Sirkuit yang berada di wilayah perbukitan di Pulau Phillip, Victoria, Australia ini memiliki pemandangan perbukitan yang luar biasa indahnya.

Sirkuit yang dibangun tahun 1928 dengan panjang 4,3km ini memiliki 12 tikungan – yang paling terkenal adalah Luckey Heights.

Sesuai dengan namanya, tikungan ini berada di ketinggian sehingga para pembalap harus menanjak dan langsung banting stir untuk berbelok di lintasan menurun, menegangkan!

Donnington

Sirkuit sepanjang 4km dengan 12 tikungan ini berada di Leicester, Inggris. Ini adalah sirkuit paling populer di Britania Raya dan dijuluki pusatnya olahraga otomotif di Inggris.

Sirkuit yang dibuka tahun 1931 ini memiliki dua tikungan berkontur curam – Redgates dan Carner Curves. Dua tikungan maut yang sangat terkenal ini selalu memaksa para pembalap untuk mengerahkan kemampuan maksimalnya.

Mugello

Ini adalah salah satu sirkuit dengan kontur lintasan balap paling sulit. Sirkuit yang dibangun pada tahun 1974 ini berlokasi di perbukitan La Dolce Vita, Florence, Italia – membuatnya juga dikenal sebagai salah satu sirkuit dengan pemandangan paling indah.

Di lintasan balap sepanjang 5,2km ini terdapat 15 tikungan. Karena terletak di medan perbukitan, sirkuit ini memiliki tantangan yang sangat variatif – tikungan cepat, tikungan lambat, sampai long straightyang panjang.

Catalunya

Terletak di pinggir kota Barcelona, tepatnya di Montmelo. Di balik pemandangan khas kota Barcelona yang indah sebagai latarnya, sirkuit ini juga terkenal dengan tikungan tajam yang menyembunyikan maut.

Pada MotoGP 2006, di sirkuit yang memiliki 13 tikungan dengan total trek sepanjang 4.6km ini terjadi kecelakaan masal yang melibatkan Marco Melandri, Sete Gibernau, Loris Capirossi, Randy De Puniet, dan Daniel Pedrosa.

Suzuka

Terletak di Suzuka, Jepang. Dibangun pada tahun 1962, Suzuka memiliki lintasan balap sepanjang 5,8km dan 17 tikungan. Sirkuit ini terkenal sangat sulit.

Dalam gelaran MotoGP seri 2003, pembalap asal Jepang Daijiro Kato mengalami kecelakaan fatal dan tewas di sirkuit ini sehingga pihak MotoGP memutuskan untuk tidak memakainya lagi sejak kejadian tersebut.
Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.
Baca juga:
Lies Permana Lestari: Gedung Sarinah itu heritage Indonesia
8 Sarapan sehat terbaik (I)
8 Sarapan sehat terbaik (II)