Remis, makanan laut bercita rasa lezat yang bergizi

20

Remis atau yang sering disebut mussel merupakan salah satu hidangan laut yang menjadi favorit pencinta olahan seafood. Teksturnya yang kenyal dan juicy membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya.

Walaupun dikenal tinggi kadar kalorinya, namun remis juga kaya akan zat kalsium, besi, dan fosfor. Dari mulai dipanggang di atas bara, direbus, digoreng, diacar, dikukus, sampai dikonsumsi saat mentah, remis merupakan bahan makanan yang sangat fleksibel untuk diolah.

Fany Hermawan, mantan executive chef di The Immigrant Dining Room Jakarta, mengungkapkan kesukaannya memakai remis biru asal Kanada yang memiliki daging lebih besar dan memiliki rasa asin pada dagingnya. Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu hidangan remisnya, lime and chilli mussel, sangat cocok bila dipadankan dengan rose wine.

Sementara itu chef dari restoran Birdcage Jakarta, Faiz Fahrul Shaqquile, menyiasati bau amis dari remis hijau dengan cara membersihkannya dibawah air yang mengalir. Ia juga mengatakan bahwa remis dapat disantap dalam keadaan mentah asalkan dalam kondisi yang dingin, cukup beri perasan jeruk lemon untuk menghilangkan bau amisnya.

TEKS: NADINDRA NATHA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Menu diet Mediterania untuk memori lebih baik
Nutrisi penguat daya tahan tubuh
Ferrari Land, taman bermain penuh adrenalin

SHARE