Tips jitu pilih rims fixie

19

Saat ini sepeda fixie makin digandrungi banyak orang. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis kegunaan sepeda yang hanya memiliki satu gear ini, pertama adalah untuk balap dan yang kedua adalah untuk trick.

Berikut penjelasan Tendon dari Rocket Company tentang pemilihan rims atau velg untuk kedua jenis aktivitas fixie tersebut.

1. Perbedaan rim balap dan trick

Perbedaan paling krusial adalah lebar dan tinggi profilnya. Umumnya rim untuk balap memiliki lebar sekitar 13-17mm, untuk mengejar bobot yang lebih ringan. Selain itu ban balap umumnya tidak lebih lebar dari 25mm, sehingga rim tidak perlu dibuat lebar.

Rim balap biasanya memiliki profil tinggi. Ini untuk membuat rim lebih aerodinamis. Sedangkan rim untuk trick biasanya dibuat lebih lebar. Kerean trick riding membutuhkan ban lebar untuk meredam benturan.

Rim trick terlebar yang ada di pasaran adalah 33mm, tapi biasanya rim selebar 19mm bisa diklasifikasikan untuk trick riding selama materialnya mumpuni.
Profil untuk rim trick biasanya tidak setinggi untuk track, karena bila rim selebar itu dibuat tinggi, bobotnya akan semakin berat.

2. Berapa range harga untuk rim fixie?

Untuk harga kisarannya mulai dari 850 ribuan sampai di atas satu juta rupiah. Cuma perlu diingat bahwa ada tiga parameter dalam memilih barang atau komponen sepeda, yaitu murah, ringan, dan kuat.

Dari tiga parameter itu kita cuma bisa pilih dua. Jadi kalau murah dan ringan, berarti tidak kuat. Murah dan kuat, berarti tidak ringan. Kuat dan ringan, berarti tidak murah.

3. Apa yang harus diperhatikan dalam memilih rim?

Pertimbangkan soal seberapa “ganas” kita mainnya. Yang ini memang harus jujur.

Kalau memang cuma dipakai ngebut di jalanan dan bukan balapan profesional, tidak perlu memakai rim level kompetisi yang harganya selangit, dan belum tentu bisa dipakai dengan nyaman di jalanan kota.

Bila kita sudah bisa mengklasifisikan fungsi dan kebutuhan, barulah cari rim yang sesuai dengan dana yang tersedia.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.