Usir stres dengan olahraga

7

Selain membuat tubuh Anda lebih bugar dan membentenginya dari serangan penyakit, olahraga juga dapat membantu meredam stres. The American Council on Exercise(ACE) mengemukakan fakta bahwa olahraga, terutama jenis aerobik, secara efektif mampu membantu seseorang dalam mengatasi stres.

Olahraga merupakan perilaku sehat yang dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres dan menjadi salah satu metode untuk membangun daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Olahraga mampu membebaskan depresi ringan, mengangkat suasana hati, dan membantu seseorang untuk berlaku tenang. Olahraga yang dilakukan sebaiknya olahraga ringan seperti senam, joging, atau sekadar berjalan kaki di ruangan terbuka. Cara tersebut akan membuat tubuh menjadi segar.

Meski demikian, olahraga tetap harus dilakukan secara seimbang. Sebab, terlalu banyak berolahraga juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga berlebihan akan menyebabkan sel-sel imun tubuh juga akan mengalami kelelahan karena sel imun tubuh membutuhkan waktu sekitar 6 – 24 jam untuk beregenerasi sebelum mampu aktif kembali.

Untuk membantu meredakan stres, lakukan olahraga ringan dan bersifat rekreatif. Berikut jenis olahraga yang dianjurkan:

>> Aerobik

Lakukan gerakan aerobik 30 menit secara rutin sebanyak 5 atau 7 kali selama seminggu. Aerobik diyakini mampu mendongkrak perasaan positif dalam tubuh.

>> Yoga

Olahraga ini terbukti melatih keselarasan antara olahraga untuk fisik dan pikiran yang fokus. Yoga mempunyai beberapa model, bentuk, dan intensitas. Beberapa ahli merekomendasikan Hatha yoga, sebagai model yoga yang cocok untuk meredakan stres karena gerakannya mudah dilakukan dan dalam intensitas rendah.

>> Olahraga rekreatif

Tenis, bulutangkis, bola voli, atau berenang adalah beberapa contoh olahraga yang menyenangkan. Olahraga tersebut selain tidak menguras tenaga, juga tidak merangsang naiknya andrenalin atau hormon lain yang justru akan meningkatkan stres.

Agar lebih efektif meredakan stres, sebaiknya jangan melakukan olahraga dekat dengan ruang lingkup kantor. Meski kantor Anda memiliki fasilitas olahraga, suasana kerja yang penuh kesibukan masih terasa. Luangkan waktu libur Anda untuk berolahraga santai, sambil menikmati suasana yang berbeda dengan kesibukan Anda sehari-hari.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Susan Bachtiar: Rejuvenate myself with healthy living
Jimmy Masrin: Saya ingin terus memberi kepada yang membutuhkan
Lulu Dewayanti: Keluarga sama pentingnya dengan perusahaan

SHARE