5 Cara Kontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

70
5 Cara Kontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Brava Listeners, momen lebaran identik dengan hidangan bersantan yang punya kadar kolesterol tinggi seperti opor ayam, rendang sampai gulai daging.

Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab kolesterol naik saat Lebaran adalah asupan karbohidrat yang berlebih. Bukan hanya nasi, orang sering mengonsumsi deretan kue kering secara berlebihan.

5 Cara Kontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Kemudian, dengan mengonsumsi lemak jenuh dalam makanan juga bisa meningkat. Lemak jenuh biasanya didapatkan dari mentega, bumbu kacang, atau goreng-gorengan.

Lantas bagaiamana cara mengontrol kadar kolestrol saat momen lebaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini

1. Makan sesuai porsi

Tak jarang seseorang makan dengan porsi berlebih karena hidangan yang menggugah selera. Hal ini yang harus Anda hindari agar kebutuhan kalori tetap sesuai.

2. Makan buah

5 Cara Kontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Dalam setiap hidangannya, tak lupa konsumsi buah yang kaya akan serat. Anda bisa mengakali dengan mengurangi posri makanan dan diseling dengan buah.

3. Makan sayur

Serat dalam sayuran dan buah dapat membantu mengikat kolesterol di saluran pencernaan sekaligus bisa menekan jumlah kolesterol yang terserap dalam tubuh. Kolesterol kemudian akan dikeluarkan melalui feses.

4. Kurangi menghangatkan makanan bersantan

Santan mengandung asam lemak dan trigliserida yang dapat dibakar oleh tubuh. Apabila santan diolah dalam waktu lama dan dihangatkan, maka lemak yang terkandung dalam santan berubah menjadi lemak jenuh.

5. Minum air putih cukup

Terakhir, untuk mengatasi kadar kolesterol berlebih, kurangi minuman berpemanis dan perbanyak minum air mineral.