5 Cara Mengatasi Insomnia Saat Puasa

17

Insomnia merupakan kondisi seseorang kesulitan dalam melakukan tidur atau mengalami gangguan pola tidur yang mengakibatkan seseorang merasa waktu istirahatnya tidak cukup dan tidak bugar setelah bangun tidur. Apabila hal ini dibiarkan tentunya akan mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Gangguan insomnia saat berpuasa dapat menjadi tantangan yang signifikan bagi banyak individu yang menjalankan ibadah puasa. Dalam bulan Ramadhan, di mana umat Muslim menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja, tidur yang tidak mencukupi dapat mengganggu keseimbangan fisik dan mental.  

Perubahan pola makan, aktivitas spiritual yang intens, dan penyesuaian jadwal tidur dan bangun dapat memperburuk masalah insomnia seseorang. Insomnia dapat mengganggu kualitas ibadah dan produktivitas seseorang. Maka dari itu, diperlukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi insomnia.

Berikut cara mengatasi Insomnia saat puasa

  • Olahraga

Berolahraga dengan intensitas sedang secara rutin, seperti berjalan, bersepeda, atau berenang, bisa membantu mengurangi stres yang terakumulasi sepanjang hari. Namun, penting untuk diingat bahwa melakukan olahraga berat terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu kualitas tidur Anda dan membuat Anda sulit untuk tertidur.

  • Tetap teratur dalam pola tidur

Usahakan untuk menjaga jadwal tidur yang tetap, baik saat menjalani puasa maupun saat tidak. Upayakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, termasuk selama bulan puasa. Konsistensi ini akan membantu tubuh Anda menyesuaikan ritme sirkadian dengan lebih baik. 

Ketika sedang berpuasa, tidur siang bisa menjadi waktu yang berharga untuk mengimbangi kekurangan tidur malam sebelumnya. Namun, hindari tidur siang yang terlalu lama atau terlalu dekat dengan waktu berbuka, karena hal tersebut dapat mengganggu pola tidur malam.

  • Hindari kafein

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, coklat, dan minuman berenergi. Minuman berenergi dapat membuat Anda sulit untuk tidur di malam hari. 

Sebagai gantinya, selama Ramadhan, usahakan untuk mengonsumsi minuman yang lebih sehat dan mengenyangkan, seperti air putih, jus buah, atau teh herbal tanpa kafein. 

  • Buat suasana tidur senyaman mungkin

Seringkali, kecerahan ruangan dapat mengganggu kualitas tidur Anda, sehingga disarankan untuk mematikan lampu saat hendak tidur. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan penutup mata untuk membantu tidur. Bagi yang tidak terlalu nyaman dengan kegelapan, alternatifnya adalah menggunakan lampu tidur kecil yang diletakkan jauh dari tempat tidur. Pastikan juga suhu ruangan tetap nyaman untuk tidur.

  • Hindari mengkonsumsi makan dalam jumlah yang banyak saat berbuka 

Usahakan untuk menjaga pola makan dan minum secara teratur, serta hindari makan berlebihan saat berbuka puasa atau sahur. Sebaiknya juga menghindari makan makanan besar terlalu dekat dengan waktu tidur. Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur memiliki keseimbangan nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang penting.

Insomnia bisa menjadi masalah yang tidak menyenangkan, terutama saat bulan puasa. Cobalah untuk melakukan tips-tips di atas dan hindari stres apabila tidak bisa tertidur. Stres yang berlebihan hanya akan semakin menyulitkan Anda untuk tertidur.