5 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

36

Yoga adalah olahraga yang menggunakan tubuh dan pikiran yang mampu melatih keseimbangan, kelenturan tubuh, fokus, hingga teknik pernapasan. Belakangan ini, yoga menjadi salah satu olahraga populer sebagai bentuk latihan fisik. Pose-pose yang digunakan dalam yoga dapat meningkatkan kontrol pikiran dan tubuh.

Bagi pemula yang ingin mencoba yoga, mungkin akan bingung mengenai jenis yoga ap yang cocok. Namun, semua jenis yoga ini dapat membantu badan jadi rileks dan membantu menenangkan pikiran. Mari simak manfaat dari yoga berikut ini.

5 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Yoga

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh, yang bisa menurunkan risiko cedera. Olahraga ini akan membantu tubuh Anda menjadi lebih lentur. Bagi lansia pun, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas hingga empat kali lipat karena otot-otot dan ligamen akan meregang selama melakukan yoga.

  • Membantu mengurangi stres

Olahraga ini bisa membantu Anda mengurangi stres, gelisah, dan dapat memperbaiki suasana hati. Manfaat yoga juga bisa dirasakan oleh seseorang yang memiliki gangguan kecemasan, skizofrenia, dan insomnia. Yoga juga bisa mengurangi tantrum bagi dewasa, karena yoga ini bisa membantu produksi kortisol (hormon stress) menurun dan akan meningkatkan produksi serotonin (hormon bahagia). 

  • Meredakan sakit punggung

Yoga salah satu olahraga yang tepat untuk mengurangi sakit punggung, bahkan sampai sakit punggung yang kronis sekalipun. Olahraga ini dapat membantu penderita sakit punggung lebih mudah untuk bergerak.

Terbukti, yoga dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Bagi orang yang rutin melakukan aktivitas fisik ini selama bertahun-tahun, berarti tubuhnya memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah daripada yang tidak melakukan yoga. Yoga dapat membantu aliran darah akan meningkat dan pembuluh darah akan melemas, sehingga yoga dapat meringankan beban kerja pada jantung.

Mengutip dari alodokter, bagi pasien gagal jantung yang berlatih yoga sebagai terapi komplementer mengalami peningkatkan kesehatan jantung dan peningkatan kualitas hidup dibandingkan dengan pasien yang tidak melakukan yoga secara rutin.

  • Membantu proses pemulihan penyakit

Yoga dapat mendukung proses pemulihan penyakit dan sering dijadikan sebagai pendamping perawatan medis. Seperti pasien stroke yang menjalani terapi fisik dengan melakukan yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan motorik mereka.