5 Fakta Menarik Tempat Suci Al Aqsa di Yerusalem

612
5 Fakta Menarik Tempat Suci Al Aqsa di Yerusalem

Belakangan ini kompleks Al Aqsa di Yerusalem menjadi sorotan publik usai insiden serangan polisi Israel terhadap tempat suci tersebut yang menuai banyak kecaman.

Masyarakat global, khususnya negara-negara mayoritas Muslim mengecam aksi serangan polisi Masjid terhdapa Jemaah Masjid Al Aqsa.

Masjid Al Aqsa hingga saat ini kerap menjadi lokasi perselisihan, lantaran Israel yang mengklaim menduduki Yerusalem Timur.

Terlepas dari hal tersebut, Masjid Al Aqsa memiliki fakta menarik yang berkaitan dengan sejarah. Ketahui fakta-faktanya berikut ini, Brava Listeners.

1. Situs tersuci ketiga

Diekathui, Masjid Al Aqsa diberi gelar sebagai situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

2. Kiblat pertama sebelum Ka’bah

5 Fakta Menarik Tempat Suci Al Aqsa di Yerusalem

Kompleks Al Aqsa juga pernah menjadi kiblat pertama untuk salat bagi umat Islam sebelum digantikan Ka’bah. Hal ini terjadi sebelum Allah menurunkan wahyu dalam Surah Al Baqarah yang akhirnya menetapkan lokasi kiblat menjadi di Ka’bah.

3. Terdiri dari beberapa tempat suci

Belokasi di kompleks Al Aqsa Yerusalem, tempat suci ini tidak hanya terdapat Masjid Al Aqsa, tetapi juga masjid lain seperti Dome of the Rock, Masjid Qibly (Masjid Al Aqsa), Masjid Buraq, dan Masjid Marwani.

Bahkan, kompleks ini juga mencakup situs-situs suci lain, seperti Tembok Ratapan. Area Masjid Al Aqsa dipercaya menjadi tempat berdirinya kuil Yahudi di masa lalu yakni di Bukit Bait Suci.

4. Isra Miraj

Umat muslim percaya bahwa Nabi Muhammad dibawa dari Masjid Suci di Mekah ke Al Aqsa selama “perjalanan semalam” atau yang dikenal Isra Miraj.

Baca Juga: Perempat Final Liga Champions Panen Kartu Kuning dan Kartu Merah

Dalam peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad dikisahkan melakukan perjalanan dari Mekah ke Yerusalem, lalu naik ke surga dengan menunggangi makhluk surgawi Buroq. Perjalanan Rasulullah ini tertuang dalam Surah Al Isra.

5. Kubah pertama

5 Fakta Menarik Tempat Suci Al Aqsa di Yerusalem

Selanjutnya Masjdi Al-Aqsa memiliki kubah emas yang bertengger pada Dome of the Rock. Benda ini disebut-sebut sebagai kubah pertama yang pernah digunakan dalam arsitektur Islam.