5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

105
5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan kondisi saat otak tidak mendapatkan asupan darah yang cukup. Akibatnya tubuh mengalamai berbagai gangguan.

Melansir dari Healthline, seseorang bisa disebut memiliki hipotensi jika memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Pada kondisi normal, seseorang akan memiliki tekanan darah dalam kisaran 90/60 hingga 120/80 mmHg.

5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Faktor yang menyebabkaan hipotensi beragam, mulai dari perubahan posisi secara tiba-tiba, anemia, gangguan saraf, dehidrasi, pola makan, hingga konsumsi obat-obatan tertentu

Gejala Tekanan Darah Rendah

Ada sejumlah gejala yang dialami seseorang saat tekanan darahnya menurun hingga di bawah normal. Berikut beberapa gejala darah rendah yang perlu diperhatikan:

  •  penglihatan kabur,
  • sulit berkonsentrasi,
  • pusing,
  • pingsan,
  • mual atau muntah,
  • lemah.

Segera cari perawatan medis jika mengalami peningkatan denyut nadi, napas pendek, atau kulit yang menjadi dingin. Gejala-gejala tersebut bisa jadi pertanda syok, yang merupakan kondisi darurat medis.

Tekanan darah rendah juga disebabkan oleh kekurangan vitamin seperti folat dan B12. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan untuk darah rendah yang kaya akan kedua vitamin tersebut.

Berikut adalah 5 makanan untuk meningkatkan tekanan darah, mengutip berbagai sumber.

1. Makanan asin

Garam bisa memengaruhi hormon yang mengatur keseimbangan air tubuh. Mengutip Medical News Today, asupan garam bisa meningkatkan tekanan darah.

2. Air

5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah bisa turun saat seseorang mengalami dehidrasi.  Orang dewasa umumnya disarankan mendapatkan asupan air sebanyak delapan gelas atau dua liter per hari.

3. Produk susu

Ini adalah sumber vitamin B12 dan folat yang baik. Semua nutrisi ini membantu meningkatkan tekanan darah.

4. Brokoli

Sayuran silang seperti brokoli, kembang kol, dan kubis merupakan sumber folat yang baik. Anda bisa memanfaatkannya brokoli sebagai makanan untuk darah rendah.

5. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dantuna kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan penyerapan vitamin B12.