5 Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

13
Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

Permainan catur belakangan ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Tanah Air. Hal ini menyusul pecatur Indonesia, Dadang Subur atau Dewa Kipas dianggap curang oleh tim Chess.com setelah menang dari pecatur dunia, GothamChess.

Nama permainan catur pun ke angkat kembali. Sampai Dewa Kipas dipertemukan dengan Grandmaster International, Irene Sukandar dalam pertandingan live streaming di Youtube milik Deddy Corbuzer.

Namun, apakah Anda tahu mengenai manfaat catur untuk otak? Berikut beberapa hal yang ternyata permainan catur mempunyai banyak manfaat.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

Dalam permainan catur daya ingat sangat digunakan untuk mengingat kombinasi gerakan dari sang lawan. Otak dipaksa untuk mampu mengingat gerak dari pion catur untuk tidak salah langkah. Hal ini dapat melatih ingatan kita dengan seringnya bermain catur.

Melatih Empati

Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

Catur membuat sebuah taktik jitu untuk bisa memenangkan pertandingan. Selain itu, kita harus menerapkan perspektif dari sang lawan. Hal ini pun membuat diri menjadi terbiasa membaca sudut pandang dari orang lain. Jika diterapkan dalam kehidupan sosial, memposisikan diri sebagi orang lain dapat melatih rasa empati terhadap sekitar.

Mencegah Kepanikan

Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

Permainan catur menuntut ketenangan dalam berfikir. Dalam setiap langkahnya haruslah diperhatikan betul-betul agar tidak salah melangkah.

Melatih Otak Kiri dan Kanan

Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

Dengan bermain catur, dapat mengfungsikan otak kiri dan kanan. Otak kanan dilatih untuk tetap berpikir kreatif dengan mampu melihat pola dari sesuatu yang abstrak. Sementara otak kiri dilatih untuk berpikir secara analitis dan sistematis.

Baca Juga : Selain Dewa Kipas, Ternyata GothamChess Juga Takluk Dari 7 Pecatur Indonesia

Meningkatkan Daya Pikir Kritis

Manfaat Catur Untuk Kesehatan Otak

Berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam permainan catur. Setiap gerakan adalah berdasarkan hasil kalkulasi disertai dengan kemampuan untuk berpikir secara jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya.

Share it