5 Minuman yang Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

53

Tingginya kadar gula darah merupakan hal yang tidak boleh diabaikan, karena dapat berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Kondisi gula darah yang tinggi dapat menjadi pemicu penyakit diabetes melitus.

Oleh karena itu, apabila mengalami peningkatan kadar gula darah, disarankan untuk segera menurunkannya guna menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa minuman yang bisa Brava Listener minum untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

12 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan - Alodokter
https://www.alodokter.com/memetik-manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan

1. Teh Hijau

Teh hijau dapat digunakan untuk menurunkan gula darah. Hal ini karena teh hijau kaya akan polifenol yang menurunkan peradangan dan hormon stres. Namun sebagai catatan, tidak diperkenankan untuk menambah pemanis saat meminumnya.

2. Teh Hitam

Selain teh hijau ada juga teh hitam. Senyawa teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Para peneliti bahkan mengatakan komponen teh ini dapat dikembangkan menjadi produk yang suatu hari nanti dapat membantu mengelola diabetes.

Baca juga: Matahari Buatan Terbesar di Dunia Telah Menyala di Jepang

3. Jus Tomat

Serat dalam tomat dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi setelah makan.

4. Kopi

Walaupun kebanyakan orang bilang kopi kurang bagus untuk kesehatan tetapi kopi dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Kopi memiliki senyawa tumbuhan, yang disebut fitokimia,agar mendukung kesehatan tubu. Salah satunya pada organhati dan pankreas bisa mempertahankan fungsi insulin (pengatur utama gula darah).

5. Susu

Protein dalam susu sapi dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan pada orang yang menderita diabetes. Kandungan protein bisa memperlambat pencernaan dan meningkatkan respons insulin, sehingga memiliki efek positif pada kadar gula darah.