5 Tips Melalukan Olahraga di Bulan Ramadhan

25
5 Tips Melalukan Olahraga di Bulan Ramadhan

Umat muslim umumnya akan menghindari berbagai kegiatan yang mengurasa tenaga seperti olahraga. Padahal berolahga di bulan Ramadhan masih perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kunjung Ashadi, mengatakan bahwa manfaat olahraga di bulan puasa meliputi menjaga bada tetap segar, menjaga daya tahan tubuh, meminimalisir penurunan fisik hingga membuat diri lebih produktif. Supaya bisa mendapatkan manfaatnya, berikut 5 tips melakukan olahraga di bulan Ramadhan agar tetap aman seperti dilansir dari Medical News Today:

1. Berolahraga sejam sebelum buka puasa

5 Tips Melalukan Olahraga di Bulan Ramadhan

Jika Anda khawatir olahraga yang dilakukan akan membatalkan puasa, Brava Listeners bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda sejam sebelum buka puasa. Hal tersebut bisa Anda lakukan sambil mengisi kekosongan waktu atau ngabuburit di bulan puasa.

2. Berolahraga setelah berbuka puasa

5 Tips Melalukan Olahraga di Bulan Ramadhan

Jika dirasa tidak sanggup untuk berolahraga saat sedang berpuasa, berolahragalah setelah berbuka puasa. Olahraga usai berbuka akan memberi energi yang dibutuhkan, lantaran sudah ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Lakukan olahraga berintensitas rendah

5 Tips Melalukan Olahraga di Bulan Ramadhan

Olahraga yang dianjurkan dilakukan dalam bulam Ramadhan ialah yang berintensitas rendah. Akan tetapi, jika olahraga dilakukan setelah berbuka puasa, umumnya aman untuk melakukan jenis olahraga apa pun.

4. Tidak memaksakan diri

5 Tips Melalukan Olahraga di Bulan Ramadhan

Dengarkan apa yang dikatakan tubuh atau tidak memaksakan diri untuk melakukan olahrga. Jika tubuh Anda merasa tidak kuat, segera hentikan kegiatan olahraga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Cukupi asupan air mineral

Segera minum air mineral saat waktu berbuka tiba ataupun ketika sedang melakukan olahraga. Sebab, sebagian besar tubuh manusia adalah air, dan sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang selama berolahraga.

Baca Juga: Inilah Besaran THR Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Itula 5 tips olahraga yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, semoga bermanfaat Brava Listeners!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

 

Share it