7 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Ada Indonesia!

69
7 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Ada Indonesia!

Pemeringkatan baru World Directory of Modern Military Warships (WDMMW), Global Naval Power Ranking 2023 merilis angkatan laut terkuar di dunia.

Seperti dikutip situs resminya, pemeringkatan tahunan WDMMW memperhitungkan total kekuatan tempur dari berbagai dinas angkatan laut dunia.

Penilaian itu tidak hanya berdasarkan jumlah kapal perang dan kapal selam semata tapi keseluruhan, Brava Listeners.

7 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Ada Indonesia!

“Rumusnya menghasilkan ‘True Value Rating’ (TvR) yang membantu memisahkan setiap kekuatan secara definitif,” tulis lembaga mengutip CNBC Indonesia, Selasa (8/8/2023).

“Tidak hanya kekuatan secara keseluruhan, tetapi juga modernisasi, dukungan logistik pertahanan, serangan dan kemampuan, dan sebagainya,” tambahnya.

“Dengan cara ini, suatu kekuatan tidak hanya dinilai berdasarkan jumlah total kapal dan kapal selamnya, melainkan kualitas dan campuran inventaris secara umum,” jelas WDMMW lagi.

Di posisi pertaman angkatan laut terkuat diduduki Amerika Serikat dengan skor TvR tertinggi 323,9. Di bawahnya terdapat China dengan skor 319,8. Lalu di posisi ketiga terdapat Rusia dengan 242,3.

7 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Ada Indonesia!

Sementara Indonesia berada di posisi empat dengan skor TvR 137,3. RI bahkan mengalahkan Korea Selatan (Korsel) yang berada di posisi ke-5.

WDMMW memberi nilai TvR ke RI sebesar 137,7. Angkatan laut Indonesia memiliki total 243 armada per Juli 2023, yaitu empat kapal selam, tujuh firgat, 25 korvet, sembilan kapal perang tambang, 168 kapal patroli lepas pantai, dan 30 kapal tempur amfibi.

Baca Juga: 5 Negara Paling Terdampak Krisis Iklim yang Jatuhkan Korban Jiwa

Tapi, lembaga itu mencatat Indonesia tak punya kapal induk, kapal jelajah, dan kapal penghancur. Meski begitu, ada keseimbangan aset yang dimiliki angkatan laut RI di tingkat “menengah”.

Berikut 7 besar angkatan laut terkuat di dunia:

1.AS

2.China

3.Rusia

4.Indonesia

5.Korsel

6.Jepang

7.India