7 Kelebihan Luis Milla pelatih tim sepakbola Indonesia

799

7 Kelebihan Luis Milla Pelatih Tim Sepakbola Indonesia

Luis Milla, namanya kian ramai dielu-elukan para pencinta sepakbola di Indonesia. Pria dengan nama lengkap Luis Milla Aspas ini, menerima tawaran PSSI untuk melatih tim nasional seoakbola Indonesia. Lahir di Teruel, Aragon, Spanyol, dia memulai karier sebagai pemain bola Barcelona, sebelum akhirnya pensiun dan mulai melatih tim sepakbola Getafe CF tahun 2007-2008.

Luis Milla punya banyak prestasi yang bisa dibanggakan, sekaligus menjadi modal kepelatihan ideal bagi tim sepakbola Indonesia. Nah, apa saja kelebihan Luis Milla sebagai pelatih sepakbola? Lantas apa pula kelebihan Luis Milla sebagai pemain sepakbola?

Kelebihan pertama Luis Milla adalah karier sebagai pemain sepakbola klub Barcelona. Bermain di klub sebesar Barcelona tentu tidak mudah.

Barca sebutan untuk Barcelona, tentu mencari pemain yang tidak hanya punya talenta besar, namun juga bisa bekerja sama dalam tim. Luis Milla dipromosikan ke tim inti Barcelona pada tahun 1988, di bawah kepemimpinan Johan Cryuff.

Kelebihan kedua Luis Milla. Terlibat sebagai tim inti Barcelona, Milla menerima ilmu tiki-taka, dan total football milik Cruyff yang terkenal. Pengalaman ini juga bisa dimanfaatkan secara maksimal saat melatih tim sepakbola Indonesia.

Cidera dan perseteruannya dengan manajemen Barca membuatnya tersingkir dari tim asal Catalan. Dia kemudian dipinang oleh Real Madrid, rival bebuyutan Barcelona. Inilah kelebihan ketiga dari Luis Milla.

Tidak banyak pemain yang bisa berkarir di Barcelona, namun kemudian mendapatkan kesempatan bermain dengan Real Madrid, rival abadi Barca di La Liga, Spanyol. Hanya pemain berkemampuan hebat saja yang bisa melakukannya. Sebut saja Luis Figo, mantan gelandang serang Barca dan Madrid.

Di Real Madrid, Luis Milla mempersembahkan dua gelar juara liga dan satu gelar Copa del Rey. Kemampuan mempersembahkan gelar juara adalah kelebihan Luis Milla yang keempat. Luis Milla pensiun tahun 2001 setelah empat tahun membela Valencia.

Kelebihan Luis Milla yang kelima adalah dipercaya menjadi kapten tim nasional Spanyol sebanyak tiga kali. Pertama saat malawan Hungaria pada babak kualifikasi Piala Dunia 1990. Pria berusia 50 tahun ini membela tim nasional Spanyol pada periode 1989-1990.

Karier kepelatihan profesional Luis Milla di mulai tahun 2007-2008. Kala itu dia membantu Michael Laudrup melatih Getafe CF. Kemudian dia berhasil terpilih sebagai pelatih tim nasional Spanyol di bawah usia 19 tahun. Itulah kelebihan keenam Luis Milla. Kelebihan ketujuh Luis Milla, adalah saat dia terpilih kembali menjadi pelatih tim sepakbola Spanyol di bawah umur 21 tahun, walaupun dia tidak bisa mempersembahkan gelar juara untuk tim nasional Spanyol di bawah usia 19 tahun.

TEKS: REZA ERLANGGA

FOTO: TWITTER
Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
3 Restoran dengan sky view terbaik di Jakarta
Kanker merupakan ladang bisnis?
7 Makanan keberuntungan untuk Hari Imlek

Share it