7 Vitamin yang penting untuk tubuh

175

7 Vitamin yang Penting untuk Tubuh

Setiap orang membutuhkan ini, terlebih bagi Anda yang aktif dan memiliki segudang kegiatan. Pastikan Anda mendapatkan dan mengkonsumsinya dengan benar. Berikut adalah serba-serbi tentang 7 vitamin yang penting dan diperlukan oleh tubuh Anda.

Vitamin A

Memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol dan menjaga kesehatan kulit, mendorong pertumbuhan tulang dan pertumbuhan sel, dan membantu memperkuat sistem imun tubuh Anda. Vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh,sehingga Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A untuk mendapatkannya.Wortel dan hati ayam adalah jenis makanan yang sarat akan vitamin A.

Kekurangan vitamin A bisa berakibat bahaya bagi manusia karena bisa mengurangi kemampuan melihat dalam kondisi yang kurang cahaya atau biasa dikenal dengan rabun. Selain itu, kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan orang menjadi pelupa, karena vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk otak. Orang yang malnutrisi biasanya dikarenakan oleh kekurangan vitamin A, ini adalah masalah yang sering ditemui di negara miskin atau daerah terpencil.

Terlalu banyak kadar vitamin A dalam tubuh juga membahayakan kesehatan. Hal ini dikarenakan vitamin A sulit larut dalam air, dan tubuh manusia tidak dapat menghilangkan kelebihan vitamin ini selain lewat urin. Orang yang kelebihan vitamin A mungkin mengonsumsi pil atau makanan yang banyak mengandung vitamin tersebut secara berlebihan sehingga kadarnya tinggi didalam tubuh. Sebaik-baiknya kebutuhan vitamin adalah yang mencukupi bukan melebihi, bijaklah dalam memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh Anda.

Vitamin B5

Atau nama lainnya adalah asam pantotenat. Vitamin ini termasuk dari salah satu vitamin B komplek yang diperlukan oleh tubuh. Membantu menciptakan molekul-malekul yang membantu mengonversi lemak dan gula dalam makanan menjadi sumber tenaga yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sifat dari vitamin ini adalah mudah larut dalam air dan sangat berperan sebagai koenzim A (CoA) yang berperan vital dalam banyak metabolisme pelepasan energi. Asam pantotenan dapat ditemukan pada banyak jenis makanan, karena pada dasarnya hampir semua makhluk hidup membutuhkannya. Beberapa contohnya kuning telur, brokoli, daging ayam, ikan,dan susu.

Kekurangan asam pantotenat bisa menyebabkan gangguan keshatan tubuh seperti kejang-kejang dan mati rasa. Pada kondisi ringan, defisiensi asam pantotenan bisa menyebabkan sakit kepala, insomnia, dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh menurunnya daya cerna makanan sehingga banyak nutrisi yang tidak diserap tubuh dan segera hilang.

Vitamin B2

Juga dikenal dengan nama riboflavin. Vitamin ini dibutuhkan untuk mengubah kalori dari protein, lemak dan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Riboflavin adalah mikronutrisi yang mudah dicerna, bersifat larut dalam air, dan memiliki peranan kunci dalam menjaga kesehatan. Vitamin B2 diperlukan untuk berbagai ragam proses seluler, selain itu vitamin ini juga banyak berperan dalam pembetukkan sel darah merah, antibodi dalam tubuh. Vitamin ini banyak ditemukan pada makanan hewani seperti daging, hati, dan susu. Beberapa tanaman juga mengandung vitamin ini dalam kadar yang cukup tinggi, antara lain kacang almond, jamur, gandum, dan kacang kedelai. Makanan yang mengandung riboflavin sebaiknya tidak disimpan dalam wadah transparan karena vitamin ini mudah rusak oleh paparan cahaya.

Karena riboflavin memegang peranan besar dalam metabolime energi di dalam tubuh maka defisiensi vitamin ini akan jelas berpengaruh pada produksi energi tubuh. Hal ini terjadi karena metabolisme pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein tidak berjalan dengan efisien. Secara fisik, defisiensi ini dapat terlihat dari warna mata yang cenderung merah, peningkatan sensitifitas terhadap cahaya matahari, peradangan di mulut, dan bibir pecah-pecah. Efek lainnya juga terlihat pada kerusakan jaringan kulit, keriput, dan kuku pecah. Bila telah parah, penderita akan mengalami anemia, gangguan saraf, pembengkakan lidah. Defisiensi vitamin B2 ini sering dialami oleh para pecandu alkohol.

Vitamin C

Adalah antioksidan yang paling kuat yang melindungi tubuh kita dari kerusakan sel akibat radikal bebas, juga membantu memulihkan dan menjaga kondisi tubuh kita setelah melakukan banyak kegiatan. Vitamin ini bersifat mudah larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Buah-buahan seperti jeruk, merupakan sumber utama vitamin ini.

Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia.
Vitamin c juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran.

Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker.

Hipoaskorbemia (defisiensi asam askorbat) bisa berakibat keadaan pecah-pecah di lidah, baik di mulut maupun perut, kulit kasar, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas, perdarahan di bawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan depresi. Di samping itu, asam askorbat juga berkorelasi dengan masalah kesehatan lain, seperti kolesterol tinggi, sakit jantung, radang sendi dan pilek.

Vitamin D

Vitamin ini terbentuk di dalam tubuh ketika kulit terkena sinar matahari dan sangat penting untuk penyerapan kalsium yang berfungsi sebagai penguat tulang. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik. Vitamin ini banyak ditemukan pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Vitamin ini sendiri merupakan turunan dari molekul steroid yang merupakan salah satu turunan dari kolesterol. vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Apabila terjadi defisiensi vitamin D, tubuh akan mengalami berbagai gangguan penyakit, antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung.

Di dalam tubuh, vitamin D diserap di usus dengan bantuan senyawa garam empedu. Setelah diserap, vitamin ini kemudian akan disimpan di jaringan lemak (adiposa) dalam bentuk yang tidak aktif. Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh. Saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekasiferol.

Induksi ini terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB). Pada tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam tubuh. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi.

Vitamin E

Adalah antioksidan yang mempromosikan sel kesehatan di tubuh, dan memerangi kerusakan akibat radikal bebas yang terjadi setelah melakukan banyak aktivitas. Dikenal juga dengan nama Tocopherol, vitamin ini tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut lemak seperti minyak, lemak, alkohol, aseton dan eter.

Karena tidak larut dalam air, vitamin E dalam tubuh hanya dapat dicerna dengan bantuan empedu hati, sebagai pengelmulsi minyak saat melalui duodenum. Vitamin E mudah didapat dari bagian bahan makanan yang berminyak atau sayuran.

Vitamin E banyak terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, sayur-sayuran terutama kecambah. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

Vitamin E berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner. Mengonsumsi vitamin E dalam jumlah yang besar bisa memperbaiki dan mencegah terjadinya perkembangan kelainan saraf. Beberapa penelitian menunjukan bahwa peningkatan konsumsi vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk membantu produksi protein yang bisa membantu gigi dan tulang lebih kuat dan sehat. itamin K, khususnya K1, dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes. Selain itu, vitamin ini juga membantu metabolisme di dalam tubuh terkait dengan resistensi senyawa insulin.

Di dalam tubuh, vitamin K juga dapat menekan proses pendarahan di hati yang seringkali muncul akibat pemakaian senyawa aspirin dan antibiotik secara berlebihan. Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa selain diabetes, vitamin K juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga terbentuk struktur rangka tubuh yang kuat. Di dalam tulang, vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk stuktur tulang yang kuat.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Share it