Abu Dhabi Ciptakan Sungai Buatan di Tengah Gurun Pasir

21
Abu Dhabi Ciptakan Sungai Buatan di Tengah Gurun Pasir

Apakah Anda pernah melihat sungai diantara hamparan gurun pasir? Kini Uni Emirat Arab (UEA) membangun sungai di tengah gurun pasir yang luas.

Sungai dibuat di antara pegunungan gersang Abu Dhabi serta hamparan gurun pasir. Alasan dibangunnya sungai buatan ini adalah untuk menghidupkan pariwisata arus liar di Abu Dhabi.

Sungai yang berada di gurun pasir ini merupakan objek wisata di Taman Petualangan Al Ain. Projek tersebut menghabiskan biaya sebesar USD 50 juta atau sekitar Rp 750 miliar.

Abu Dhabi Ciptakan Sungai Buatan di Tengah Gurun Pasir

Taman Petualangan Al Ain merupakan objek wisata pertama di Timur Tengah untuk berbagai kegiatan ekstrem seperti selancar, arung jeram dan kayak. Taman Petualangan Al Ain telah dibuka kembali pada Desember 2022, setelah sempat ditutup karena Covid-19.

Sungai ini memiliki panjang seluas 1,2 kilometer. Cuaca di hamparan gurun panas yang sangat panas, membuat Abu Dhabi menerapkan teknologi tersendiri untuk sungai tersebut, dimana memanfaatkan air desalinasi bersumber dari Ras Al Khaimah yang terletak lebih dari 300 kilometer.

Objek wisata Taman Petualangan Al Ain tersebut juga kerap kali dipakai oleh para atlet sebagai pemusatan latihan. Bahkan, Taman Petualangan Al Ain juga dijadikan tempat penyelenggaraan Kejuaraan Arung Jeram Dunia oleh Federasi Arung Jeram Internasional pada tahun 2016.

Baca Juga: Kapal Terbesar di Dunia Berlayar Januari 2024, 5 Kali Lebih Besar dari Titanic

Hadirnya Taman Petualangan Al Ain serta sungai buatan diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Abu Dhabi. Hal ini terbukti banyaknya wisatawan yang datang dari seluruh penjuru dunia yang penasaran dengan sungai yang berada di tengah gurun pasir.

Selain menjadikannya sebagai peluang untuk pariwisata, Taman Petualangan Al Ain juga telah menciptakan lapangan kerja baru serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilatan Abu Dhabi.