AI Berhasil Hidupkan Kembali Suara John Lennon

226
AI Berhasil Hidupkan Kembali Suara John Lennon

Brava Listeners, Paul McCartney mengatakan bahwa Artificial Intelligence atau AI berhasil menghidupkan kembali sosok John Lennon.

Suara Lennon berhasil dipisahkan dari rekaman asli kemudian dibersihkan untuk kembali ditampilkan dalam sebuah rekaman baru Beatles.

McCartney, mengungkapkan kekaguman sekaligus rasa khawatir dari kemajuan teknologi khususnya AI.

AI Berhasil Hidupkan Kembali Suara John Lennon

“Ada sisi baiknya dan ada sisi yang menakutkan, kita harus lihat ke mana [teknologi AI] membawa kita,” kata McCartney dalam wawancara dengan BBC yang dikutip dari CNBC International pada Selasa (13/6/2023).

Dalm proses produksi dokumenter The Beatles: Get Back, suara Lennon bisa dipisahkan dari “seutas pita kaset”.

“Jadi, saat kami membuat apa yang akan menjadi rekaman Beatles terakhir. Ini berasal dari demo yang ada John-nya, kami sedang dalam tahap penyelesaian. Akan dirilis tahun ini,” kata McCartney.

“Kami bisa mengambil suara John dan memisahkannya dengan murni dengan AI, setelah itu kami bisa melewati proses mixing seperti yang biasa kita lakukan. [Teknologi AI] ini memberi kita sedikit celah.”

AI Berhasil Hidupkan Kembali Suara John Lennon

Melansir dari BBC, The Beatles akan merilis lagu ciptaan Lennon dari 1978 berjudul Now and Then. Lennon tidak pernah menyelesaikan rekaman lagu tersebut sampai ia dibunuh pada 1980.

Dalam tur terakhirnya, McCartney beberapa kali tampil menyanyikan lagunya dengan rekaman vokal dan video Lennon.

Baca Juga: Titik Terang Charles Oliveira vs Islam Makhachev II

Meski begitu, selain McCartney, pelaku industri musik tengah mendiskusikan potensi dan etika penggunaan teknologi untuk menciptakan “kreasi” baru artis yang sudah meninggal dunia.

Bagaimana tanggapan Anda terkait kemajuan teknologi AI yang bisa menghidupkan sosok tertentu dengan suaranya?