Alasan Inggris Diminta Kembalikan Medali Olimpiade Tokyo

63
Alasan Inggris Diminta Kembalikan Medali Olimpiade Tokyo
The PyeongChang 2018 Olympic medals are displayed by young South Korean athletes during their unveiling at a ceremony in Seoul on September 21, 2017. The Olympic Winter Games PyeongChang 2018 medals were officially unveiled on September 21, with features of the Korean alphabet consonants on their bodies. / AFP PHOTO / JUNG Yeon-Je (Photo credit should read JUNG YEON-JE/AFP/Getty Images)

Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS baru-baru ini meminta Inggris untuk mengembalikan medali perak pada nomor estafet 4x100m yang sebelumnya dimenangkan Inggris dalam Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Alasan mengenai putusan CAS yang meminta Inggris mengembaluikan medalinya karena sprinter Inggris Chijindu Ujah melakukan pelanggaran aturan. Dengan hal tersebut akibatnya, Ujah dan tiga sprinter Inggris lainnya yang berpartisipasi dalam nomor lari estafet 4x100m di Olimpiade Tokyo kehilangan medali perak mereka. Hasil Ujah di sprint 100m juga turut didiskualifikasi.

Alasan Inggris Diminta Kembalikan Medali Olimpiade Tokyo

“Ini adalah keputusan CAS dan kami harus mematuhinya, seperti yang telah kami jelaskan bahwa (aturan yang sama) harus terjadi pada negara lain yang atletnya melanggar aturan doping,” kata CEO Asosiasi Olimpiade Inggris (BOA) Andy Anson dalam sebuah pernyataan, mengutip dari CNN International, Jumat (15/4/2022).

Melaui siatan pers, medali perak yang ditarik dari Inggris tersebut akan dibagikan kembali kepada tim yang menempati posisi ketiga di ajang Olimpiade Tokyo yaitu Kanada yang finish di posisi ketiga dan dianugerahi medali perunggu pada bulan Agustus.

Alasan Inggris Diminta Kembalikan Medali Olimpiade Tokyo

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis melalui United Kingdom Athletics pada bulan Februari, Ujah menerima keputusan CAS dan mengatakan bahwa dirinya tidak pernah secara sengaja menggunakan obat yang dilarang. Menurutnya, hasil tes doping dia yang menunjukkan positif kemungkinan karena suplemen yang terkontaminasi.

Baca Juga: 3 Jenis Kurma Termahal di Dunia

“Saya sangat menyayangkan bahwa hal ini secara tidak sengaja menyebabkan hilangnya medali perak Olimpiade 4 x 100m estafet putra di Olimpiade Tokyo, “Saya ingin meminta maaf kepada rekan satu tim saya, keluarga mereka, dan tim pendukung atas dampak ini pada mereka.” kata Ujah.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it