Alasan Suzuki Hengkang Dari MotoGP Pada Akhir Musim 2022

195
Alasan Suzuki Hengkang Dari MotoGP Pada Akhir Musim 2022

Secara mengejutkan Suzuki dikabarkan akan hengkang dari MotoGP setelah musim 2022 usai. Lantas, mengapa tiba-tiba Suzuki akan meninggalkan MotoGP di akhir musin mendatang? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kabar mengejutkan Suzuki hengkang dari MotoGP usai musim 2022, pertama kali muncul dalam pemberitaan Motorsport. Media Spanyol, AS, kemudian mendapat konfirmasi dari sumber di dalam Dorna dan kru tim Suzuki yang membenarkan kabar tersebut.

Alasan Suzuki Hengkang Dari MotoGP Pada Akhir Musim 2022

Suzuki yang baru saja memperpanjang kontrak dengan Dorna pada April 2021 untuk tampil di MotoGP hingga 2026 diyakini akan mengumumkan pengunduran diri dari MotoGP pada hari ini, Selasa (3/5/22).

Meski kabar hengkangnya Suzuki di MotoGP sudah tersebar luas, hingga kini pihaknya belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait rumor cabut dari MotoGP, namun Speedweek menyakini keputusan tim pabrikan asal Jepang itu untuk mundur karena masalah finansial.

Alasan Suzuki Hengkang Dari MotoGP Pada Akhir Musim 2022

Sejak kembali ke MotoGP pada 2015, Suzuki tidak pernah memiliki sponsor utama. Ecstar merupakan perusahaan oli yang juga satu payung dengan Suzuki. Kondisi itu berbeda dengan sejumlah tim pabrikan seperti Honda (Repsol), Yamaha (Monster), KTM (Red Bull), atau Ducati (Lenovo) yang memiliki sponsor utama.

Dalam MotoGP, memiliki sponsor utama sangat penting bagi sebuah tim pabrikan di MotoGP. Hal tersebut dikarenakan setidaknya satu tim pabrikan MotoGP membutuhkan biaya 30 juta euro (setara Rp458 miliar) setiap musimnya untuk tampil di MotoGP.

Alasan Suzuki Hengkang Dari MotoGP Pada Akhir Musim 2022

Baca Juga: Inilah Dia Stadion Pertama di Inggris yang Menggelar Solat Idulfitri

Dengan adanya sponsor utama bisa memangkas pengeluaran sebuah tim pabrikan MotoGP hingga 10 juta euro per musim. Sementara kekurangan 20 juta euro lainnya bisa ditutup dari sponsor-sponsor kecil. Sampai saat ini, pihak Dorna Sports, selaku pengelola MotoGP, juga belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait Suzuki cabut dari MotoGP. Namun pihak Suzuki diklaim sudah memberitahu Dorna pada Senin (2/5/22).

Bagaimana tanggapan Anda Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it