Peralatan Yang Wajib Digunakan Saat Olahraga Berkuda

8
olahraga berkuda

Menunggangi kuda bukanlah olahraga yang sembarangan. Terdapat tata cara agar saat berkendara kuda tetap aman dan tidak mengakibatkan cedera. Diperlukan peralatan yang safety sebelum mencoba olahraga yang bisa dibilang cukup berbahaya ini.

Peralatan untuk menunggangi kuda harus penting diperhatikan betul untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau mengurangi cedera jika terjadi.

Apa saja perlatan yang dibutuhkan untuk seorang pengendara kuda pemula ketika sedang di atas pelana? Simak ulasannya.

Helm

olahraga berkuda

Bisa dibilang helm merupakan peralatan paling penting yang wajib digunakan saat berolahraga berkuda. Dikutip dari studi NEISS (National Electronic Injury Surveillance System) bahwa pada tahun 2007, 12 ribu angka cedera kepala disebabkan karena jatuh dari tunggangan kuda. Seorang ahli bedah saraf mengatakan jika dari sekian banyak olahraga yang menyebabkan cedera kepala, olahraga berkuda termasuk olahraga yang paling banyak terkena.

Sepatu Boot

olahraga berkuda

Tidak hanya untuk sekedar bergaya, sepatu boot dalam berkuda bertujuan untuk mencegah kaki tergelincir. Sepatu boot memiliki perlindungan hingga keseluruhan kaki. Sepatu boot tinggi juga melindungi kaki Anda dari gesekan saat Anda berkendara.

Rompi Pengaman

olahraga berkuda

Rompi pengaman membantu melindungi tubuh Anda jika terjatuh. Rompi pengaman juga membantu mencegah cedera pada organ dalam, tulang belakang, dan tulang rusuk Anda. Rompi yang berbahan empuk namun ringan biasanya dikenakan oleh pengendara kuda.

Pelindung Mulut

olahraga berkuda

Mungkin alat ini bisa dibilang sepele, namun pelindung mulut ternyata penting dalam olahraga berkendara kuda. Ketika sedang mengendarai kuda, segala kemungkinan bisa terjadi, seperti lompatan dari kuda yang terlalu tinggi atau tabrakan yang tak terhindarkan. Hal ini bisa mengakibatkan benturan keras yang bisa berbahaya bagi gigi kita.

Chaps or Half Chaps

Meskipun half chaps tidak bisa untuk mencegah cedera besar, namun ini sangat berguna untuk melindungi kaki Anda dari goresan-goresan saat trail riding dan dari chaffed pada sadel.

Baca Juga : Ikuti Amazon dan Google, Kini Microsoft Investasi Besar-Besaran Di Indonesia

Sarung Tangan

Sarung tangan melindungi tangan Anda dan memberi Anda sedikit kekuatan cengkeraman ekstra. Tangan bisa saja lecet akibat menarik tali saat berkuda. Disarankan menggunakan sarung tangan yang terbuat dari kulit agar tangan lebih safety.

Share it