Arab Saudi Gelontorkan Dana Rp7.500 Triliun untuk Pulau Surga!

47
Arab Saudi Gelontorkan Dana Rp7.500 Triliun untuk Pulau Surga!

Lagi-lagi Arab Saudi punya proyek gila Brava Listeners. Dilaporkan negara tersebut rela menggelontorkan dana sebesar Rp7.500 triliun unutk membangun ‘pulau surga’.

Pulau surga yang dimaksud ialah Pulau Sindalah. Ini merupakan salah satu rencana Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) untuk menjadikan Arab Saudi sebagai kiblat destinasi baru di Timur Tengah.

Arab Saudi Gelontorkan Dana Rp7.500 Triliun untuk Pulau Surga!

Pulau Sindalah terletak di Laut Merah yang direncanakan untuk menjadi pemandangan menggiurkan dari kota NEOM.

Para tamu di Pulau Sindalah nantinya akan menikmati tujuan pelayaran pesiar kelas dunia, tiga mega hotel mewah, lapangan golf, berbagai restoran, dan gerai ritel mewah. Pulau ini membentang lebih dari 84 hektar dan bertujuan untuk menarik 2.400 pengunjung per hari pada tahun 2028.

“Sindalah akan menjadi pintu gerbang glamor ke Laut Merah dan tujuan berperahu pesiar super kelas dunia, memberi pengunjung sekilas pengalaman untuk datang melintasi wilayah tersebut. Visi NEOM adalah membangun negeri masa depan, destinasi yang benar-benar baru,” ujar Antoni Vives, kepala perencanaan di NEOM, kepada Al Arabiya, dikutip Jumat (9/6/2023).

Arab Saudi Gelontorkan Dana Rp7.500 Triliun untuk Pulau Surga!

Dalam laporanya, Vives menyebut Sindalah akan menjadi marina ultra-prime terdekat ke Eropa dan Mediterania. Pulau itu menawarkan opsi musiman baru untuk kalender berperahu pesiar global.

Bagi para pengunjung di dalam pulau dapat menemui tiga hotel mewah dengan lebih dari 400 kamar ultra-premium dan 300 suite kelas atas. Ini termasuk tiga properti Marriott International.

Baca Juga: Batu Merah Delima Terbesar Terjual Rp516,78 Miliar!

Pulau ini juga akan dilengkapi dengan 38 gerai makanan dan minuman, termasuk sembilan restoran kelas atas, sembilan restoran kasual premium, santapan di kapal pesiar, dan tiga lounge atap.

Arab Saudi Gelontorkan Dana Rp7.500 Triliun untuk Pulau Surga!

Tidak berhenti sampai disitu, para tamu dapat menikmati lapangan golf par 70 seluas 5919 meter persegi serta spa dan pusat kesehatan. Sindalah juga membanggakan pantai bintang lima, pilihan bersantap di restoran berbintang Michelin, acara olahraga, dan lokasi snorkeling di Laut Merah.

Lebih lanjut, pembangunan Sindalah dan NEOM sendiri merupakan kebijakan radikal yang mengubah citra konservatif negara Arab Saudi. Hal ini dilakukan demi mewujudkan Visi Saudi 2030, yang dianggap akan membebaskan negara itu dari ketergantungan terhadap minyak, dengan menggantinya dari sektor pariwisata.

Bagaimana tanggapan Anda tekait Pulau Sindalah, Brava Listeners?