Bamboo Dome di Bali Masuk Daftar Gedung Terbaik di Dunia

77
Bamboo Dome di Bali Masuk Daftar Gedung Terbaik di Dunia

Penghargaan Festival Arsitektur Dunia (WAF) 2023 menobatkan Bamboo Dome di Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, masuk sebagai salah satu gedung baru terbaik di dunia.

WAF Awards 2023 merilis deretan bangunan terbaik dunia tahun ini. Terdapat 18 kategori dalam penilaian bangunan terbaik di dunia, seperti arsitektur perumahan, komersial, dan budaya.

Bamboo Dome masuk diantara hampir 250 proyek arsitektur dalam penghargaan Festival Arsitektur Dunia (WAF) 2023. Bamboo Dome merupakan rancangan Biroe Architecture yang menjadi tempat perhelatan KTT G20 Bali, November 2022 lalu.

Bamboo Dome di Bali Masuk Daftar Gedung Terbaik di Dunia

Bamboo Dome berlokasi di tepi pantai, Bamboo Dome. Bangunan indah tersebut menjadi pertemuan Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin dan delegasi G20 menikmati santap siang makanan khas Indonesia.

Hal yang unik dari pembunan Bamboo Dome adalah dengan menggunakan bahan utama bambu. Bambu dipilih dikarenakan dapat mudah dibentuk melengkung karena sifatnya yang lentur dan elastis serta dikenal kuat terhadap guncangan gempa.

Bamboo Dome di Bali Masuk Daftar Gedung Terbaik di Dunia

Selain Bamboo Dome, juga ada beberapa bangunan terkenal lainnya dari seluruh penjuru dunia seperti Terminal A Bandara Internasional Newark Liberty, Museum Holocaust Australia di Melbourne hingga stadion nasional baru di Kamboja dan Senegal.

Baca Juga: atmos Mall Kelapa Gading 3 Usung Pop Up Store Berkonsep Rumah Agraris Jepang

Tahun lalu, Penghargaan Festival Arsitektur Dunia didapat oleh Quay Quarter Tower Australia. Ini merupakan gedung perkantoran yang dijuluki gedung pencakar langit “daur ulang”.

WAF Awards 2023 sendiri akan diadakan pada akhir November 2023. panel ahli beranggotakan 140 orang di WAF akan menilai secara langsung pemenang penghargaan Festival Arsitektur Dunia ini.