Berikut Kelalaian Wisata Kapal Titanic yang Hilangkan Dua Miliarder

100
Ini Kelalaian Wisata Kapal Titanic yang Hilangkan Dua Miliarder

Warganet diramaikan dengan kejadian yang menimpa perusahaan wisata kapal Titanic bernama OceanGate, Titan yang hilangkan dua miliarder.

Diketahui wisata kapal Titanic itu hilang kontak saat akan membawa lima turis menjelajahi bangkai Titanic pada Minggu akhir pekan lalu.

Lima turis yang ada di kapal selam itu termasuk dua miliarder dan CEO OceanGate sendiri, Stockton Rush. Kapal selam ini memulai perjalanan dari lepas pantai St John Newfoundland, Kanada

Beberapa pihak menduga ada pelanggaran atau kelalaian yang dilakukan OceanGate terkait faktor keamanan kapal selam dan ekspedisi bawah laut tersebut.

Kapal selam tak punya sertifikasi keamanan

Pemimpin industri Marine Technology Society, Will Kohnen, menyebut ekspedisi OceanGate tak mematuhi norma industri dan menolak tinjauan keselamatan Titan.

Ini Kelalaian Wisata Kapal Titanic yang Hilangkan Dua Miliarder

Kohen mengatakan terdapat 10 kapal selam di dunia yang bisa mencapai kedalaman 12.000 kaki atau lebih.

“Semuanya bersertifikat kecuali kapal selam OceanGate,” ujar Kohnen.

Masalah mekanis dan penundaan perjalanan

Dalam catatan pengadilan, OceanGate Expeditions dilaporkan menghadapi serangkaian masalah mekanis dan penundaan atau pembatalan perjalanan.

Beberapa pelanggan meminta biaya mereka dikembalikan. Namun sejumlah pihak menuding perusahaan melebih-lebihkan kemampuan kapal untuk mencapai reruntuhan Titanic.

Baca Juga: Bandara di AS Rekrut Kucing Sebagai Karyawan, Ini Tugasnya!

Tak Ada GPS

Dugaan kelalaian selanjutnya terkait kapal selam Titan yang tak dibekali dengan global positioning system (GPS) di bawah air. Alhasil, kapal itu hanya dipandu pesan teks dari kapal permukaan.

Ini Kelalaian Wisata Kapal Titanic yang Hilangkan Dua Miliarder

Kini per tanggal 22 Juni 2023, kapal selam wisata Titanic itu masih dalam proses pencarian dengan sisa oksigen hanya 20 jam untuk para penumpang. Perlu Anda ketahui, untuk wisata kapal Titanic wisatawan harus merogok kocek sebesar Rp3,7 Miliar.