Berkemah dan bakar lemak

37

Berkemah dan Bakar Lemak

Tidak hanya menyalurkan kerinduan Anda pada alam, berbagai aktivitas kala berkemah juga dapat membantu Anda membakar kalori. Cek susunan pembakaran kalori yang telah kami susun bersama dr. Sophia B Hage dari Sports Medicine Resident Universitas Indonesia.

Mengemas dan Menggendong Tas
Menyiapkan tas atau packing dapat membakar kalori Anda hingga 140 kcal per jam. Sedangkan, jumlah pembakaran kalori saat Anda menggendong tas tentunya tergantung dari bobot tas tersebut. Tetapi secara umum, bila hanya sebentar (seperti bila Anda menggendong tas untuk dimasukkan atau dikeluarkan dari dalam bagasi mobil) akan membakar kalori Anda sebesar 122.5 kcal per 30 menit.

Mendirikan dan Membongkar Tenda
Jangan lagi malas untuk mendirikan dan membongkar tenda! Anda bisa membakar kalori sebanyak 147 kcal per jam dari kegiatan yang biasanya Anda hindari ini. Jadi ada untungnya kan membantu rekan Anda mendirikan dan membongkar tenda?

Membuat Api Unggun
Menciptakan penerangan dan untuk menghangatkan tubuh. Jumlah kalori yang akan terbakar ketika Anda membuat api unggun sangat tergantung dari seberapa besar api unggun atau seberapa banyak kayu bakar yang dicari dan diangkut. Umumnya jumlah kalori yang diperlukan untuk membuat api unggun berukuran sedang berkisar antara 231 hingga 245 kcal per jam.

Memasak Air
Kegiatan seperti itu dapat memakan kalori sebanyak 140 hingga 175 kcal per jam, tergantung dari seberapa jauh jarak yang Anda tempuh untuk mengambil air dan seberapa banyak volume air yang diangkut. Semakin jauh Anda mengambil air dan semakin besar volumenya, kalori yang terbakar juga akan semakin besar.

Membersihkan Diri di Sungai
Tidak hanya menghilangkan kuman yang menempel, membersihkan diri di sungai (mencakup sikat gigi, cuci muka, dan mandi) dapat membakar kalori. Aktivitas berjalan dari tenda menuju sumber air sendiri dapat membakar kalori -diperkirakan- sebanyak 52,5 kcal hingga 105 kcal per 30 menit – tergantung jarak dan elevasi. Belum termasuk mandi.

Jumlah kalori yang dihitung adalah berdasarkan berat badan 70 kg. Apabila seseorang berat badannya lebih rendah
dari 70 kg maka jumlah kalori yang dihasilkan akan lebih kecil, sedangkan apabila seseorang berat badannya lebih besar dari 70 kg, kalori yang dihasilkan akan lebih besar.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Nutrisi penopang aktivitas olahraga Anda
5 negara seru untuk solo traveling
8 Mobil tercepat di dunia yang diluncurkan tahun 2017

Share it