Bill Gates Menyesal Terlalu Keras Bekerja Ketika Muda

127
Bill Gates Menyesal Terlalu Keras Bekerja Ketika Muda

Pesan penting dari pendiri Microsoft, Bill Gates diberikan kepada para wisudawan di Northern Arizona University baru-baru ini. Dalam pesannya tersebut, Bill Gates mengingatkan kepada para wisudawan untuk jangan terlalu keras ketika akan membangun karir.

Siapa yang tidak mengenai Bill Gates sebagai pendiri dari perusahaan teknologi terbesar di dunia sekaligus salah satu orang terkaya di dunia. Namun di balik kesuksesan yang didapatnya sekarang ini, Bill Gates berjuang keras pada masa mudanya.

Bill Gates Menyesal Terlalu Keras Bekerja Ketika Muda

Dalam pidato melepas para wisudawan di Northern Arizona University, Bill Gates menceritakan bagaimana ia tidak ada waktu libur saat masa muda. Ternyata hal itu diakui Bill Gates adalah hal yang salah.

“Ketika aku seusia kalian, aku tidak percaya pada liburan, pada weekend. Aku mendorong setiap orang di sekitarku untuk bekerja sangat panjang. Di masa awal Microsoft, kantorku menghadap parkir dan aku akan melihat siapa yang lembur dan pergi lebih dulu,” katanya.

“Tapi saat aku menua, dan terutama saat aku menjadi bapak, aku menyadari ada hal lain dalam hidup daripada bekerja. Jangan menunggu selama diriku untuk mempelajari hal ini. Luangkan waktu untuk mengembangkan relasi, untuk merayakan kesuksesan dan pulih dari kegagalan,” tambahnya.

“Beristirahatlah saat kalian memerlukannya. Take it easy pada orang di sekitar kalian, ketika mereka membutuhkannya juga. Dan sebelum kalian memulai tahap selanjutnya dalam hidup, bersenang-senanglah. Malam ini, weekend ini, musim panas ini, kapan saja. Kalian pantas mendapatkannya,” lanjut Bill Gates.

Baca Juga: Elon Musk Temukan Penggantinya Sebagai CEO Twitter

Bill Gates sendiri dikenal sebagai workaholic saat menangani Microsoft. Hal tersebut pun pernah diceritakan oleh mendiang Paul Allen, sesama pendiri Microsoft.

“Kami kadang membicarakan bagaimana Bill Gates tidur di karpet kantor. Sekretaris yang datang akan melihat kaki Bill menyembul. Kami sangatlah hard core (dalam bekerja),” ungkap Allen.