Blue Print ‘Garuda Mendunia 2045’ Diusung Erick Thohir di Kongres PSSI

141
Blue print 'Garuda Mendunia 2045' Diusung Erick Thohir di Kongres PSSI

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjabarkan blue print ‘Garuda Mendunia 2045’ dalam Kongres Biasa Tahunan PSSI, Minggu (29/5/2023). Terdapat empat fokus dalam dalam mengusung misi jangka panjang tersebut.

Diungkap oleh Erick Thohir bahwa blueprint ‘Garuda Mendunia’ ini merupakan gambaran langkah demi langkah untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Empat fokus utama dalam blue print ‘Garuda Mendunia 2045’ yakni pembinaan usia dini, transparansi keuangan, prestasi lebih tinggi, dan tradisi komitmen program jangka panjang untuk sepakbola Indonesia.

Blue print 'Garuda Mendunia 2045' Diusung Erick Thohir di Kongres PSSI

Selain itu, PSSI bersama pemerintah juga merencanakan akan merenovasi 22 stadion di Indonesia dengan dana Rp 1,9 Triliun. Hal ini memerlukan kerjasama secara paralel antar pemerintah daerah dan pusat dalam jangka panjang maupun pendek.

“Ya tentu FIFA melihat keseriusan Indonesia, di mana salah satunya pemerintah punya komitmen merenovasi 22 stadion yang ada di Indonesia dengan nilai Rp 1,9 triliun. Ini luar biasa dan itu merupakan infrastruktur yang penting untuk tim nasional, Liga 1, 2, dan 3. Apalagi kita akan menggunakan VAR tahun ini,” kata Erick Thohir dalam pernyataannya.

“Kata kuncinya, eksekusi. Hal itu harus dilakukan secara pararel dari pusat hingga daerah dan berjalan selaras untuk program jangka pendek, menengah, dan panjang. Kami akan pastikan dan terus dorong program dalam Garuda Mendunia 2045 ini agar hasilnya sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

Baca Juga: Media Argentina Konfirmasi Messi Hadir Lawan Timnas Indonesia

Blue print 'Garuda Mendunia 2045' Diusung Erick Thohir di Kongres PSSI

Erick Thohir juga berbicara mengenai jangka pendek terkait laga FIFA Matchday nantinya. Ada banyak event-event sepak bola yang menanti di kategori umur, juga akan diberikan target jangka pendek.

“Tentu yang terakhir tadi kita sampaikan target-target jangka pendek menengah untuk tim nasional kita, kita tahu tahun ini kita ada pertandingan FIFA Matchday. Tetapi kita juga tuan rumah untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, dan juga tuan rumah Piala Asia U-19 perempuan, dan juga beberapa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia yang kita harus siapkan dengan serius dengan tentu target-target yang kita inginkan,” ucap Erick Thohir.

“Khususnya untuk Asian Games tadi kita sudah sampaikan akan yang bermain itu tim SEA Games supaya mereka menambah pengalaman tanding yang lebih tinggi lagi supaya mereka menjadi koord dari pada pembangunan tim nasional kita ke depan.” ujarnya.