Bolehkah Meniup Makanan Panas Sebelum Dikonsumsi?

97
Bolehkah Meniup Makanan Panas Sebelum Dikonsumsi?

Makanan panas menjadi pilihan yang tepat sebagai hidangan di kala musim hujan seperti ini Brava Listeners.

Makanan panas memiliki kuah mengepul yang menggugah selera Anda. Sehingga banyak orang yang tidak sabar untuk mencicipinya dengan meniup terlebih dahulu.

Namun, bolehkah meniup makanan paas sebelum dikonsumsi?

Bolehkah Meniup Makanan Panas Sebelum Dikonsumsi?

Melansir dari CNN Indonesia, meniup makanan sebelum mengonsumsinya sah sah saja selama makanannya hanya untuk konsumsi pribadi.

Menurut Cindiawaty selaku Pudjiadi Dokter spesialis gizi, belum ada penelitian apapun terkait bahaya meniup makanan panas. Hal yang tidak boleh dilakukan justru mengonsumsi makanan panas.

“Saya tidak pernah menemukan masalah dengan meniup makanan panas. Tapi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan panas karena berisiko kerusakan di mulut,” kata Cindiawaty

Bolehkah Meniup Makanan Panas Sebelum Dikonsumsi?

Walaupun tidak masalh, Anda sebaiknya tidak meniup makanan untuk orang lain. Sebab bakteri yang ikut terbang saat Anda meniup bisa berpindah, dan membahayakan kesehatan orang lain.

Baca Juga: Kuotie dan 4 Street Food Terenak di Dunia

Khusus ketika memberi makanan kepada anak kecih atau bahkan bayi. Anda disarankan meniupnya
meniupnya terlebih dahulu. Melansir dari beberapa sumber, bakteri penyebab kerusakan gigi dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Jenis bakteri yang menyebabkan gigi berlubang ketika memakan makanan sisa pada gigi dan menghasilkan asam. Pada gilirannya, asam ini dapat mengikis gigi bayi dan menyebabkan gigi berlubang.

Meskipun meniup makanan tidak berbahaya selama untuk konsumsi pribadi, sebaiknya hindari jika untuk memberi makan orang lain atau orang terdekat Anda.