Bonus SEA Games Indonesia Buat Atlet Negara Tetangga Tergiur

22

Atlet berprestasi Indonesia pada SEA Games 2021 bersiap akan menerima bonus dari pemerintah. Namun ternyata ada atlet negara tetangga yang tak menyangka kontingen Indonesia diguyur bonus dengan sangat besar dibandingkan negara mereka.

Klasemen akhir medali SEA Games 2021 menempatkan Indonesia berada di posisi ketiga. Indonesia berhasil mengumpulkan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Sementara itu, kontingen Vietnam berhasil keluar menjadi juara umum SEA Games 2021. Vietnam total mengumpulkan 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Di urutan kedua ada Thailand, dengan mengoleksi 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Bagi atlet Indonesia yang sukses mempersembahkan medali, pemerintah telah menyiapkan bonus. Jika dilihat pada SEA Games 2019 di Filipina, besaran bonus atlet Indonesia lebih besar ketimbang negara lainnya.

Pada SEA Games 2019, atlet Indonesia yang meraih medali emas mendapatan Rp 500 juta, sementara peraih medali perak diganjar uang Rp 300 juta, sedangkan peraih perunggu mendapatkan Rp 150 juta.

Diungkapkan oleh atlet taekwondo Malaysia, Jason Loo Jun Wei, bahwa ia merasa kaget melihat bonus yang didapatkan kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Ketika itu ia mampu mempersembahkan emas dengan mendapatkan bonus sebesar 20 ribu ringgit Malaysia atau sekitar Rp66 juta.

“Wow mereka bisa langsung menjadi jutawan!” ucap Jason Loo Jun Wei.

Baca Juga: Pengguna iPhone Tipe Ini Tak Dapat Dukungan WhatsApp Setelah 24 Oktober

Hal yang sama juga dirasakan oleh atlet FIlipina, Jeordan Dominguez, juga merasa isi terhadap atlet Indonesia. Bahkan, Jeordan Dominguez bersedia untuk menjadi atlet Indonesia dengan bonus besar yang didapatkan.

“Wah itu banyak sekali. Kalau begitu saya juga mau menjadi atlet Indonesia,” kata atlet taekwondo Filipina, Jeordan Dominguez, yang mendapat bonus 300 ribu peso atau sekitar Rp83 juta setelah mendapat emas.

Pemerintah tidak mengungkap berapa besaran bonus yang diterima kontingen Indonesia yang berprestasi di SEA Games 2021. Meski begitu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan peraih medali SEA Games 2021 akan mendapatkan bonus dari pemerintah.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it