Candi Borobudur, Salah satu keajaiban dunia

2285

Candi Borobudur termasuk keajaiban dunia. Candi Borobudur adalah kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur pun menjadi salah satu objek wisata wajib turis maupun warga Indonesia sendiri.

Tercatat sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, Candi Borobudur memiliki luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat.

Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya.

Uniknya, balok-balok ini tersusun tanpa menggunakan perekat ataupun semen. Kompleks ini terlihat seperti sebuah susunan lego raksasa.

Tidak hanya Candi Borobudur saja sebenarnya yang menjadi pusat perhatian. Di sini juga terdapat pemandangan alam yang sungguh indah.

Di sebelah selatan ada Bukit Manoreh, yang berbentuk posisi seseorang yang sedang tidur. Lalu ada pula Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi di sekitaran Candi Borobudur.

Candi Borobudur menjadi salah satu tempat beribadah umat Buddha di dunia.

borobudur1

Setiap tahunnya, kompleks candi ini menjadi pusat perayaan hari raya Waisak dan didatangi oleh umat Buddha dari berbagai negara seperti Thailand, Kamboja, Cina dan Tibet.

Hari raya Waisak dirayakan pada saat bulan purnama di bulan Mei atau biasa disebut dengan Purnama Siddhi.

Puncak dari perayaan Waisak ini mengundang banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pada saat itu dilakukan pelepasan ratusan lampion ke langit beserta harapan terbaik untuk satu tahun ke depan.

Apabila Brava Listeners mengunjungi Candi Borobudur, Anda tidak sekadar hanya melihat objek wisata. Anda dapat sekaligus mempelajari seni sastra dan budaya.

Setiap panel relief yang terdapat di candi tersebut terdapat sebuah cerita.

Namun untuk membaca cerita tersebut, Anda harus membacanya berurutan dari pintu timur di tingkatan terbawah, berjalan memutar hingga naik ke setiap tingkatan, sampai paling akhir yaitu di tingkatan teratas.

Apabila Anda bingung dengan bacaannya, Anda dapat didampingi oleh pemandu di sana.

Di sini Anda juga bisa berburu foto, mencari souvenir khas Candi Borobudur, juga dapat mengitari pelataran hijau yang sangat luas.

Anda dapat berjalan kaki, menyewa sepeda, ada pula kereta kelinci khusus untuk anak-anak, atau Anda juga bisa menggunakan andong untuk mengitari wilayah tersebut.

Selamat berlibur Brava Listeners!

Untuk tahu Pesona Indonesia lainnya, Anda bisa mengikutinya dengan follow media sosial berikut:

Facebook: Indonesia.Travel
Instagram: @indtravel
Twitter: @indtravel
YouTube: Indonesia.Travel
Google +: Indonesia.Travel

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Gabriella Sakareza | foto stock.adobe dan dok. Kementerian Pariwisata]

Baca juga:
Kohler meluncurkan boutique showroom pertama
Kuliner ala Argentina di Singapura
Keindahan Fremantle di Australia Barat

 

 

Share it