Cara Alami Turunkan Gula Darah, Tidur Nyenyak!

57
Cara Alami Turunkan Gula Darah, Tidur Nyenyak!

Tidur memang selalu dieratkan dengan kesehatan fisik. Bisa tidur nyenyak atau memiliki kualitas tidur yang baik ternyata menjadi cara alami turunkan gula darah. Kok bisa?

Menukil CNNIndonesia, Florence Comite selaku Ahli endokrinologi asal Amerika Serikat (AS) menerangkan bahwa kadar gula darah memang berfluktuasi secara moderat sepanjang hari.

Florence Comite berpendapat bahwa, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah secara alami adalah dengan mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup.

Cara Alami Turunkan Gula Darah, Tidur Nyenyak!

“Tidur nyenyak adalah hal yang sangat penting untuk mengelola gula darah,” kata Comite, melansir Albany Herald. Ia menegaskan bahwa tidur bisa turunkan gula darah.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kurang tidur menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak kortisol alias ‘hormon stres’, yang kemudian meningkatkan kadar gula darah.

Perlu diketahui, kebiasaan tidur yang buruk juga bisa memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini juga dapat meningkatkan nafsu makan dan berat badan.

Cara Alami Turunkan Gula Darah, Tidur Nyenyak!

Menurut hasil studi ilmiah menunjukkan bahwa kurang tidur dan sering terbangun di malam hari dapat memengaruhi kadar glukosa.

Ketika lelah, Anda cenderung melewatkan olahraga dan konsumsi makanan yang tidak bernutrisi. Dua hal tersebut merupakan dua kebiasaan yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: Elon Musk Buat Perusahaan Baru di Sektor Kecerdasan Buatan

Selain itu, Anda juga cenderung merasa stres dan gelisah, yang juga dapat berdampak negatif pada kadar gula darah.

Tidur nyenyak yang cukup adalah tentang kuantitas dan kualitas. Mengutip Healthline, National Sleep Foundation merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur berkualitas per malam.

Berikut ini cara turunkan kadar gula darah secara alami

– Jadwal tidur yang konsisten.
– Kebiasaan makan sehat yang menjaga kadar gula darah tetap terkendali.
– Olahraga teratur.
– Menjaga kamar tidur tetap gelap, tenang, dan sejuk.
– Menghindari nikotin dan kafein sebelum tidur.