Crab Mentality, Sifat Egois yang Iri Akan Kesuksesan Orang Lain

13
Crab Mentality, Sifat Egois yang Iri Akan Kesuksesan Orang Lain

Anda sudah tahu belum ada sifat yang bernama Crab Mentality? atau Anda sudah tahu tapi tidak menyadari jika sifat yang menjengkelkan ini bernama Crab Mentality. Rasanya sifat ini pasti ada di lingkungan kita, atau malah kita sendiri yang memiliki sifat ini. Yuk cari tahu apa itu Crab Mentality.

Dilansir dari situs resmi kesehatan Indonesia Alodokter Crab mentality adalah istilah untuk menggambarkan sikap seseorang yang menghalangi keberhasilan orang lain. Sikap ini merupakan salah satu bentuk persaingan tidak sehat yang dapat merugikan orang lain. Sederhananya Crab Mentality tidak sehat dan akan merasa dirugikan jika melihat seseorang sukses dengan jalannya.

Sifat ini terjadi karena adanya sifat kompetitif yang dimiliki pada seseorang. Crab Mentality muncul karena merasa ketidakmampuan seseorang dalam bersaing karena kurangnya kemampuan dan minimnya usaha. Alhasil merasa cemburu dan iri terhadap semua yang dilakukan seseorang tersebut.

Pola pikir seseorang yang memiliki Crab Mentality mayoritas tidak sehat sebab jika dirinya tidak dapat melakukannya, toh orang lain pun harus sama tidak dapat melakukan hal serupa.

Dinamakan Crab Mentality karena dinilai dari kepiting yang sedang bergerombol di dalam sebuah lubang. Jika ada salah satu kepiting yang bisa hampir keluar nantinya kepiting lain akan menariknya kembali ke dalam lubang dan membuat kepiting tersebut gagal keluar dari lubang tersebut.

Crab Mentality, Sifat Egois yang Iri Akan Kesuksesan Orang Lain

Jika dimaknai pada manusia sifat Crab Mentality adalah sikap egois dan iri hati terhadap pencapaian orang lain yang membuat seseorang mencoba untuk menghentikan Langkah kesuksesan orang itu.

Ada beberapa penyebab munculnya sifat Crab Mentality pada diri seseorang, antara lain sifat kompetitif yang dimiliki namun usaha dan kemampuan yang tidak memadai, kurangnya percaya diri, rasa putus asa yang tinggi, hingga depresi membuat sifat ini akan muncul pada diri seseorang.

Crab Mentality, Sifat Egois yang Iri Akan Kesuksesan Orang Lain

Crab Mentality rasanya sangat bersahabat dengan suasana pekerjaan, hal ini dapat dilihat dari seseorang yang tidak senang dengan performa kerja kita, nantinya orang tersebut akan berkomentar dengan nada miring dan menganggap remeh apa yang kita lakukan.

Contoh lain yang dapat dilihat di dunia nyata ialah ketika seseorang dengan segala upaya untuk menjatuhkan kerabat yang lebih sukses. Memfitnah, memanipulatif segala kejadian yang dapat membuat orang tersebut rusak reputasi dan kepercayaan dirinya.

Baca Juga : Facebook dan Ray-Ban Luncurkan Kacamata Bisa Rekam Video & Foto

Tentu orang dengan sifat Crab Mentality sangat tidak mudah tulus dengan pencapaian orang lain, maka dari itu perasaan iri akan muncul. Tapi sifat Crab Mentality dapat ditangani oleh seseorang. Sifat ini dapat terjadi pada siapa saja, cara yang tepat untuk mengatasi sifat ini ialah dengan lapang dada atas pencapaian orang lain, turut ikut sehat dan menahan diri untuk tidak mengucapkan kalimat nyinyir.

 

Penulis: Raihan Aulia

Share it