Daftar Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

149
Daftar Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

Setiap negara umumnya memiliki pasukan militer atau tentara sebagai kekuatan tempur bersenjata lengkap yang terorganisasi dan diberi kewenangan serta didanai oleh pemerintah.

Daftar Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

Namun, tahukah Brava Listeners bahwa terdapat sejumlah negara yang tidak memiliki pasukan militer? Seperti dikutip dari World Population Review, negara-negara yang tanpa tentara termasuk dalam satu dari tiga kategori.

Daftar Negara yang Tidak Memiliki Pasukan MiliterKategori itu adalah negara-negara yang telah didemiliterisasi, negara yang pendirinya tidak mendirikan militer, atau negara-negara bekas jajahan sehingga masih bergantung di bawah perlindungan kelompok militer negara lain yang sebelumnya menjajah mereka.

Andorra

Andorra merupakan negara yang tidak punya tentara. Akan tetapi negara ini menandatangani perjanjian dengan Spanyol dan Prancis untuk mendapatkan perlindungan militer, untuk hukum di Andorra ditangani oleh Korps Polisi Nasional.

Dominica

Sejak 1981 negara Dominica tidak punya tentara. Pertahanannya sendiri telah menjadi tanggung jawab sistem keamanan regional.

Kepulauan Solomon

Dahulu, Kepulauan Solomon mempertahankan kekuatan sendiri. Setelah konflik etnik, memaksa negara-negara seperti Australia dan Selandia Baru untuk campur tangan, negara ini tidak punya tentara atau kelompok militer sendiri.

Samoa

Treaty of Friendship atau Perjanjian Persahabatan ditandatangani pada 1962 antara Samoa dan Selandia Baru, membentuk hubungan pertahanan informal antardua negara. Kesepakatan tersebut memungkinkan negara ini tidak punya tentara atau angkatan bersenjata sendiri.

Vatikan

Vatikan adalah negara terkecil di dunia, Kota Vatikan dulunya memiliki banyak tentara atau angkatan bersenjata untuk melindungi paus dan negara. Namun, Paus Paulus VI menghapus semua kekuatan tersebut pada 1970. Karena negara kecil ini terletak di Roma, maka Italia melindungi Kota Vatikan.

Baca Juga: Ternyata Gigitan Mike Tyson ke Evander Holyfield Sudah Diramal

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it