Dalam Waktu Dekat DBD Akan Bisa Diatasi Hanya Dalam 6 Jam

7
Dalam Waktu Dekat, DBD Akan Bisa Diatasi Hanya Dalam 6 Jam

Brava Listeners, dalam waktu dekat demam berdarah atau DBD bisa diatasi hanya dalam waktu 6 jam. Hal tersebut dikarenakan akan ada obat baru yang bisa mengatasi DBD dalam waktu singkat.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Paul MacAry dan timnya di Immunology Translational Research Program di National University of Singapore’s Tong Loo Lin School of Medicine mengungkapkan hanya tinggal beberapa tahap untuk membuahkan hasil.

Dalam Waktu Dekat, DBD Akan Bisa Diatasi Hanya Dalam 6 Jam

Virus Dengue penyebab demam berdarah bahkan diklaim bisa ‘dibunuh’ dalam waktu enam jam lewat suntikan antibodi. MacAry dan tim mengisolasi antibodi dari individu yang telah pulih dari demam berdarah. Proses ini telah berjalan selama 10 tahun lamanya

“Kami melihat antibodi ini tampaknya [bisa] membunuh virus [Dengue] dalam beberapa jam, dan melakukannya pada konsentrasi yang jauh lebih rendah daripada antibodi lain yang kami isolasi,” ujar MacAry, melansir Channel News Asia.

Diketahui, sekarang para ilmuan tengah membuat beberapa kilogram ‘zat’ yang bersiap untuk uji klinis dari oebt tersebut. Selain itu, mereka juga mengisolasi antibodi untuk keempat serotipe virus penyebab demam berdarah.

“Kami sedang dalam proses penggalangan dana untuk mendukung pendirian produksi dan uji klinis,” ujar MacAry. Ia memperkirakan uji klinis pertama pada serotipe 1 akan dimulai dalam 18-24 bulan.

Dalam Waktu Dekat, DBD Akan Bisa Diatasi Hanya Dalam 6 Jam

Sebenarnya saat ini sudah ada vaksin demam berdarah Qdenga yang telah disetujui pertama kali di Indonesia pada Agustus lalu. Namun, tak ada terapi atau obat khusus yang bisa menangani demam berdarah.

Lebih lanjut, demam berdarah sendiri menjadi salah satu penyakit menular yang mematikan. Jika terlambat ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal, termasuk di antaranya menyebabkan kematian. Pada tahun 2022, jumlah kumulatif kasus demam berdarah hingga September dilaporkan sebanyak 87.501 pasien di Indoensia. Dari angka itu, sebanyak 816 pasien dilaporkan meninggal dunia.

Baca Juga: Mengennal Alopecia Areata yang Memuat Rambut Rontok Tiba-Tiba

Semoga obat yang bisa mengatsi demam berdarah dalam waktu singkat bisa segera selesai Brava Listeners!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Redaksi
Share it