Diklaim Mampu Sembuhkan Covid-19, Ini Khasiat Air Kelapa Hijau

744

Meminum air kelapa hijau ditengah terik matahari tentu sangat memuaskan dahaga. Bahkan, air kelapa hijau sempat dicari-cari sebab diklaim dapat menyembuhkan Covid-19.

Meski banyak yang bilang air kelapa hijau dapat menyembuhkan berbagai penyakit tertentu, namun hingga kini belum ada riset mengenai hal itu. Namun, tentu banyak khasiat dari air kelapa hijau.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini manfaat dari air kelapa hijau untuk kesehatan.

Membantu Menjaga Imun

Diketahui, dapat membantu meningkatkan kadar antibodi dengan kandungan antioksidan dan asam amino. Air kelapa hijau sendiri mengandung 90 persen air dengan komponen mineral.

Meski begitu, tidak disarankan untuk meminum air kelapa dengan obat-obatan tertentu. Hal tersebut dikarenakan kandungan mineral pada air kelapa hijau bisa memicu reaksi saat bertemu obat.

Memelihara Kesehatan Jantung

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat memelihara kesehatan jantung. Riset dilakukan pada kelompok tikus yang diberi makan tinggi lemak dan kolesterol mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida saat diimbangi dengan pemberian air kelapa.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Dilansir dari Healthline, air kelapa hijau mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, kalsium, magnesium dan potasium. Semua nutrisi ini memberikan manfaat buat tubuh, misalnya untuk sistem kekebalan tubuh.

Kembalikan Hidrasi Tubuh

Jika Anda suka berolahraga, mengonsumsi air kelapa sangat baik ketika sedang menguras energi tubuh. Air kelapa juga membantu untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh. Cairan tubuh yang hilang karena sekresi keringat akan cepat tergantikan berkat air kelapa.

Sehatkan Ginjal

Berdasarkan studi tahun 2018 lalu, urine pada partisipan tanpa batu ginjal mengandung lebih banyak sitrat, potasium dan klorida setelah minum air kelapa. Penelitian ini mengindikasikan bahwa manfaat air kelapa hijau membantu meluruhkan batu ginjal atau mencegah pembentukan batu ginjal.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it