Ditanya Mengenai Ginting, Taufik Hidayat: Masih Kurang Stabil

107
Ditanya Mengenai Ginting, Taufik Hidayat: Masih Kurang Stabil

Legenda bulutangkis Indonesia Taufik Hidayat, memuji kualitas yang diperlihatkan Anthony Ginting ketika memenangkan gelar juara Badminton Asia Championships 2023. Meski begitu, menurut Taufik penampilan Ginting sejauh ini belum stabil.

Anthony Ginting berhasil menjadi juara sekaligus mengakhiri puasa gelar selama 16 tahun di nomor tunggal putra Badminton Asia Championships 2023. Terakhir kali gelar juara BAC 2023 di nomor tunggal putra diraih oleh Taufik Hidayat.

Ditanya Mengenai Ginting, Taufik Hidayat: Masih Kurang Stabil

Melihat penerusnya bisa kembali mempersembahkan gelar juara BAC untuk Indonesia, Taufik memuji kemampuan dari Ginting yang menurutnya sebagai pemain komplet. Menurut Taufik, Ginting sudah menjadi pemain yang berada di level atas dunia.

“Kalau saya lihat dari komentar senior yang di luar dan di dalam [negeri], sebenarnya Ginting itu pemain yang komplet. Memang dia punya kelas tersendiri dan memang sudah di level atas,” ucap Taufik.

Namun begitu, Taufik masih mempermasalahkan konsistensi dari Ginting yang kerap tersandung di beberapa turnamen. Hal tersebutlah yang menjadi tugas khusus bagi Ginting serta jajaran tim pelatih untuk menjaga konsistensi tersebut.

Ginting Kurang Stabil

“Kalau saya lihat, mungkin Ginting agak kurang stabil. Mungkin dari segi fisik, mungkin dari segi mental. Tetapi kalau dari segi teknik sudah cukup bagus.” kata Taufik

“Di situlah peran tim yang di samping dan di belakang, pelatih, pelatih fisik, dan psikolog, timnya Ginting di belakang [diperlukan]. Sekarang paling stabil Viktor Axelsen kalau yang lain masih naik-turun,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Ditanya Mengenai Ginting, Taufik Hidayat: Masih Kurang Stabil

Diketahui, Ginting saat ini menduduki posisi dua ranking BWF dibawah Victor Axelsen yang masih berjaya di puncak. Taufik menginginkan Ginting bisa stabil ketika mengikuti turnamen ke depannya.

“Meskipun sekarang dia ranking dua, kalau menurut saya sekarang kalau kita ikut pertandingan yang lain tidak ikut, ranking akan otomatis naik sendiri.” ucap peraih emas Olimpiade 2004 itu.

“Yang ingin kita lihat itu kestabilan di satu kompetisi, dimana dia bisa mencapai, juara, final, atau semifinal. Itu levelnya Ginting sudah harus di situ. Makanya harus diperkuat tim pendukungnya. Pelatih fisik, pelatih teknik, dan lain-lain. Sekarang juga dibilang sudah ada sports science,” imbuhnya.