Eksperimen Bersejarah Luar Angkasa, Robot Nanoracks Bisa Potong Baja

165
Eksperimen Bersejarah Luar Angkasa, Robot Nanoracks Bisa Potong Baja

Untuk pertama kalinya sebuah perusahaan teknologi luar angkasa asal Denver, Nanoracks melakukan eksperimen menggunakan robot Nanoracks yang berhasil memotong sampah baja di luar angkasa.

Misi pembersihan tersebut telah dilakukan pada bulan Mei 2022 lalu. Robot Nanoracks meluncur via Transporter 5 milik SpaceX untuk mengorbit ke luar angkasa lewat mekanisme rideshare rocket. Hal ini merupakan tujuan pemerintah AS dan perusahaan swasta untuk mencari solusi untuk membersihkan sampah di luar angkasa.

Eksperimen Bersejarah Luar Angkasa, Robot Nanoracks Bisa Potong Baja

Dikutip Space, NASA, Kongres, dan Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat telah merilis kerangka kerja baru untuk menangani puing-puing luar angkasa dalam beberapa pekan terakhir. Mengingat puluhan ribu keping puing sampah mengambang di orbit mengancam satelit yang makin banyak diluncurkan ke orbit rendah Bumi.

Teknik yang didemonstrasikan pada misi Transporter-5 awal tahun ini disebut friction milling (penggilingan gesekan) dengan  menggunakan alat pemotong beroperasi pada rotasi tinggi per menit untuk melunakkan logam.

Sementara itu, Nanoracks di masa depan telah menargetkan pengembangan stasiun luar angkasa yang akan menjadi penampung barang-barang dari tahapan roket yang telah kedaluarsa. Misi pertama ini pun disebut sebagai Output Mars Demo-1, sekaligus menjadi yang pertama dari rangkaian demonstrasi pemotongan metal di luar angkasa.

Eksperimen Bersejarah Luar Angkasa, Robot Nanoracks Bisa Potong Baja

Jika di Bumi kepingan hasil potongan sampah jatuh ke tanah karena adanya gravitasi, maka  Nanoracks sendiri bekerjasama dengan Maxar Technologies, untuk menampung potongan baja ke dalam pesawat Outpost.

Di sisi lain, Nanoracks memotong metal yang berada di upper stages roket karena tujuan jangka panjang. Perusahaan itu ingin dapat mengumpulkan kepingan-kepingan metal dari upper stages rocket untuk digabungkan sehingga bisa berguna.

Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Dari WHO

Sebagai informasi, Nanoracks dan Voyager telah bekerjasama dengan Lockheed Martin untuk mengembangkan stasiun luar angkasa komersial, yang disebut Starlab. NASA memilih keduanya untuk mengembangkan misi itu bawah program yang disebut Destination.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it