FIFA Beri Sanksi Tegas Ke Rusia, Larangan Kibarkan Bendera & Kumandangkan Lagu Kebangsaan

82
FIFA Beri Sanksi Tegas Ke Rusia

Operasi militer yang ditengah dilakukan Rusia terhadap Ukraina berujung pada sanksi FIFA yang ditelah dijatuhkan kepada Rusia. Salah satu sanksi yang diberikan oleh FIFA ialah melarang Rusia untuk mengibarkan bendera serta merubah nama.

Invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina mendapat kecaman dari sejumlah pihak. Termasuk juga badan olahraga dunia FIFA yang menjatuhkan lima sanksi untuk Rusia, diantaranya:

  • Rusia dilarang menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola internasional di bawah naungan FIFA
  • Pertandingan kandang timnas Rusia harus dipindahkan ke tempat netral dan digelar tanpa penonton
  • Rusia dilarang bertanding atau berkompetisi dengan nama “Rusia”. Sebagai gantinya, timnas Rusia harus menggunakan nama “Football Union of Russia (RFU)”
  • Bendera Rusia tidak boleh dikibarkan dalam pertandingan yang diikuti perwakilan asosiasi sepak bola Rusia
  • Lagu kebangsaan Rusia tidak boleh diputar dalam pertandingan yang diikuti perwakilan asosiasi sepak bola Rusia.

FIFA Beri Sanksi Tegas Ke Rusia

Dalam pernyataan resminya, sanksi yang diberikan kepada Rusia adalah sebagai bentuk solidaritas untuk menghentikan peperangan yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina. Sanksi melarang timnas Rusia untuk bertanding di semua kompetisi pun akan diterapkan apabila Rusia tidak menghentikan penyerangan militer kepada Ukraina.

“FIFA mengecam invasi Rusia ke Ukraina. Kekerasan tidak pernah menjadi solusi dan FIFA mengungkapkan solidaritas terdalamnya kepada semua orang yang terdampak di Ukraina,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

“FIFA akan terus berdialog dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC), UEFA, dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan tindakan atau sanksi tambahan,”

“Salah satu sanksi yang bisa dijatuhkan adalah pengecualian dari kompetisi (larangan bertanding). Sanksi itu bisa diterapkan dalam waktu dekat jika situasinya (invasi Rusia ke Ukraina) tidak segera membaik,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

Sejumlah negara juga menyatakan bahwa mereka tidak akan bermain melawan timnas Rusia meskipun telah dijatuhi sanksi oleh FIFA. Salah satunya diungkapkan oleh Presiden Asosiasi Sepak Bola Polandia, Cezary Kulesza, yang dengan tegas tak akan bermain melawan Rusia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dijadwalkan akan berlangsung dalam waktu dekat.

“Keputusan FIFA sangat tidak bisa diterima. Sikap kami masih sama. Timnas Polandia tidak akan bermain menghadapi Rusia meski nama mereka sudah berubah,” kata Cezary Kulesza dikutip dari situs BBC Sports.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it