Geopark Ijen Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO Global Geopark

64
Geopark Ijen Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO Global Geopark

Geopark Ijen secara resmi menjadi bagian dari warisan dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG). Hal ini berdasarkan sidang tahunan UNESCO di Paris, Prancis, Rabu (24/5).

Geopark Ijen berlokasi di 2 wilayah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan wilayah Kabupaten Bondowoso. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengungkapkan bahwa Geopark Ijen telah terdaftar sebagai anggota UGG.

“Alhamdulillah, setelah melewati berbagai proses dan sidang, akhirnya Ijen Geopark resmi menjadi anggota UGG. Hal ini berdasarkan surat resmi serta rilis yang diunggah dalam website UNESCO,” ucap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, seperti dilansir Antara.

Geopark Ijen Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO Global Geopark

Geopark Ijen telah ditetapkan bersama dengan 18 situs geologi lainnya di dunia. Saat ini telah ada 195 situs UGG yang tersebar di 48 negara.

“Semoga dengan ditetapkannya Ijen sebagai UGG ini, semakin menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi. Sehingga akan berdampak pada kesejahteraan dan penguatan kebudayaan masyarakat Banyuwangi,” lanjut Ipuk.

Baca Juga: Ada Bali, Inilah 10 hotel Terbaik di Dunia 2023

Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Banyuwangi, Abdillah Baraas, mengungkapkan Geopark Ijen mendapatkan nilai tinggi, yakni skor 872. Salah satu yang membuat Geopark Ijen dapat penilaian tertinggi adalah karena tiga komponen pariwisata, yaitu geologi, biologi, dan budaya.

“Meski demikian, kita tetap harus bekerja keras, melakukan pembenahan di berbagai aspek agar status UGG tetap bisa kita pertahankan pada masa revalidasi 2026 mendatang. Tentu dengan kolaborasi bersama pihak-pihak terkait ,” ujarnya.