Hati-Hati! Libur Tingkatkan Risiko Holiday Heart Syndrome

25

Hari libur Natal dan tahun baru akan segera tiba. Pada saat yang penuh kegembiraan ini, ada satu permasalahan kesehatan yang sering muncul, yaitu holiday heart syndrome atau sindrom jantung liburan.

Menurut ahli jantung Regina S. Druz, holiday heart syndrome adalah kondisi yang terkait dengan gangguan irama jantung yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Druz menjelaskan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan mungkin akan dirawat di rumah sakit karena jantung berdebar atau mengalami aritmia, yang seringkali disebabkan oleh fibrilasi atrium.

Baca juga: Majalah Times Nobatkan Sam Altman Sebagai “CEO of The Year”

Fibrilasi atrium adalah kondisi detak jantung yang tidak teratur yang terjadi ketika atrium atau ruang atas jantung memompa darah terlalu cepat, mengakibatkan ketidakselarasan dengan ruang bawah jantung.

Hal ini dapat mengganggu kemampuan jantung untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1978 oleh dokter bernama Philip Ettinger, holiday heart syndrome sering kali terjadi setelah seseorang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar, terutama pada individu yang tidak biasa minum alkohol atau memiliki toleransi alkohol yang rendah.

Informasi dari Health menyebutkan bahwa kondisi ini cenderung muncul ketika orang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar selama musim liburan, seperti Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, sindrom ini diberi nama holiday heart syndrome.

Gejala yang paling umum dari holiday heart syndrome ini adalah palpitations atau detak jantung yang tidak teratur.

Selain itu, beberapa orang yang mengalami holiday heart syndrome biasanya mengalami beberapa gejala diantaranya kurang energi, ketidaknyamanan di dada, pusing, dan kesulitan bernapas.

Holiday heart syndrome dapat terjadi pada siapa saja yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan selama periode liburan. Untuk mengurangi risiko sindrom tersebut, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Bijak dalam Mengonsumsi alkohol
  2. Pilih minuman dengan bijak
  3. Mengurangi konsumsi kafein
  4. Menjaga diri agar tidak stress
  5. Jaga pola Makan

Selamat mempersiapkan liburan dengan sehat ya Brava Listener!