Lee Chong Wei Murka Terhadap Komentar Rasial Bong Guang Yik

260
Lee Chong Wei Murka Terhadap Komentar Rasial Bong Guang Yik

Salah satu legenda bulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei merespon terkait komentar kontroversial Bong Guang Yik yang mengaitkan performa badminton Malaysia dengan agama.

Chong Wei menganggap bahwa pernyataan Bong Guang Yik itu seperti sebuah apel busuk. Mengingat Chonng Wei menegaskan bahwa olahraga selalu menjunjung tinggi rasa hormat.

“Olahraga menjunjung rasa hormat dan tidak menerima hal-hal bersifat rasial. Jangan sesekali, hanya demi mengejar ketenaran, lalu menghancurkan keharmonisan orang-orang yang sudah dibangun bukan hanya dalam 1-2 hari, melainkan dari dekade ke dekade.”

Lee Chong Wei Murka Terhadap Komentar Rasial Bong Guang Yik

“Anggaplah dia sebuah apel busuk, teman-teman,” ucap Lee Chong Wei dalam akun media sosial miliknya, dikutip dari Berita Harian.

Awalnya Komentar Bong Guang Yik menyinggung soal penampilan para pemain Malaysia di Malaysia Open. Namun setelah itu, kritik yang ia layangkan terhadap kinerja BAM disertai komentar bernada rasial.

Lee Chong Wei Murka Terhadap Komentar Rasial Bong Guang Yik

Guang Yik menyinggung soal ras Melayu dan juga soal ibadah salat.

Baca Juga: Mengenal Badai Topan Gabrielle yang Menerjang Selandia Baru

Bukan hanya dari Lee Chong Wei, tingkah Bong Guang Yik kemudian menuai kecaman dari banyak pihak. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Hannah Yeoh juga sudah mengeluarkan kecaman.

“Saya tidak setuju dengan komentar dia di media sosial dan mengecam sangat keras setiap ucapan yang berkaitan dengan ras dan agama meskipun dia sudah meminta maaf.”

“Saya percaya bahwa ibadah agama tidak pernah mengganggu prestasi atlet dan olahraga. Ini tidak pernah menjadi sebuah masalah di Malaysia,” ucap Hannah Yeoh.

Badminton Association of Malaysia (BAM) juga sudah ambil tindakan. Mereka akan serius menyikapi hal ini dengan berusaha menjalin komunikasi dengan Chinese Badminton Association (CBA).