Ini 4 Kandidat Negara Tuan Rumah Piala Asia 2023, Ada Indonesia

18

Terdapat empat negara yang secara resmi resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Diumumkan oleh AFC, nama Indonesia juga masuk untuk menjadi tuan rumah turnamen antar negara-negara Asia itu.

Empat negara kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 adalah Australia, Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar. Sebelumnya, China memundurkan diri dengan alasan kondisi Covid-19 yang semakin parah di negara mereka dan alhasil digantikan oleh Qatar sebagai kandidat tuan rumah.

“AFC menerima pengajuan dari empat anggota untuk menjadi tuan rumah babak utama Piala Asia 2023,” tulis pernyataan resmi AFC.

“Setelah AFC mengundang pada 31 Mei 2021 ke semua anggota untuk menjadi tuan rumah turnamen (Piala Asia), anggota berikut sudah merespons setelah perpanjangan deadline pada 15 Juli, dan menyatakan ketertarikan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023: Federasi Australia, Federasi Indonesia, Korea, dan Federasi Qatar,” tulis AFC.

Pengumuman mengenai negara mana  yang menjadi tuan rumah akan diumumkan pada 17 Oktober 2022. Tim administrasi AFC akan terlebih dahulu melakukan penilaian untuk dokumen bidding empat negara yang mencalonkan diri.

Baca Juga: Pemain FC Koln Pakai Bodycam Saat Melawan AC Milan, Seperti Bermain Game

Indonesia sendiri sudah pernah menjadi tuan rumah Piala Asia di tahun 2007 silam. Kala itu, Indonesia berada satu grup bersama Bahrain, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Sayang, timnas Indonesia yang kala itu dilatih oleh Ivan Kolev harus tersingkir dari babak grup. Indonesia hanya mampu meraih kemenangan 2-1 atas Bahrain melalui gol Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it