Ini Alasan Edelweis Disebut Sebagai Tanaman Langka

544
Ini Alasan Edelweis Disebut Sebagai Tanaman Langka

Belakangan ini tanaman Edelweis sedang hangat diperbincangkan, dikarenakan tumbuhan langka tersebut dirusak dengan dilindas ban motor trail di Ranca Upas, Bandung. Brava Listeners, apakah Anda tahu mengapa Edelweis bisa menjadi tanaman langka?

Edelweis merupakan tanaman langka yang dapat ditemukan di habitat tertentu. Edelweis banyak tumbuh di daerah pegunungan serta puncak-puncak gunung tinggi.

Dilansir dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Edelweis habitat atau tempat hidupnya sangat terbatas (endemik). Edelweis mampu hidup  pada ketinggian 2.400 sampai 3.000 meter di atas permukaan laut.

Ini Alasan Edelweis Disebut Sebagai Tanaman Langka

Gunung-gunung di Indonesia, seperti Gunung Papandayan, Gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, dan Gunung Ceremai, banyak ditumbuhi tanaman Edelweis. Kelangkaan dari Edelweis yang hanya ditemukan di puncak-puncak gunung, mengakibatkan tanaman tersebut rentan mengalami kepunahan.

“Tumbuhan endemik mempunyai daerah penyebaran yang sempit, sehingga rentan kepunahan. Jangan ganggu mereka,” demikian dikutip dari tulisan Agus Mulyana dan Asep Hasbillah dari Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango itu.

Baca Juga: Apple Rilis iPhone 14 Berwarna Kuning

Selain itu, seiring berkembangnya waktu tanaman populasi dari Edelweis juga cenderung menurum. Selain faktor alam, manusia yang merusak hingga membawa Edelweis dari pegunungan, juga menjadi salah satu penyebab menurunnya populasi dari Edelweis.

“Para ‘predator’ ini adalah saudara kita yang belum sadar dan tidak peduli dengan kelestarian alam, mereka malah berpendapat “semakin langka, semakin menantang untuk dibawa,” demikian keterangan itu.